Makanan Pendamping Bayi Paling Awal (>6 Bulan)

Loading...

Makanan pendamping sering disebut dengan istilah MPASI (makanan pendamping ASI) bagi ibu yang memberikan ASI ekslusif. Sementara itu, pada bayi yang tidak mengkonsumsi ASI, maka disebut makanan pendamping saja. Baik ASI maupun non-asi, makanan pendamping wajib dimulai ketika bayi telah mencapai usia 6 bulan. Bisa kurang atau lebih beberapa hari tergantung kondisi dan situasi bayi.

Makanan Pendamping Bayi Paling Awal 6 Bulan

Istilah ‘makanan pendamping’ diberikan karena fungsinya yang hanya mendampingi saja. Yang utama tetaplah ASI atau susu formula. Makanan pendamping hanya bersifat supplementary hingga beberapa bulan berikutnya. So, jika harus memberikan prioritas, maka pilihlah ASI/susu formula terlebih dahulu sebelum MP.

Meski hanya mendampingi, MP cukup penting pada masa awal bayi berkenalan dengan makanan. Pada tahap ini, bayi Anda akan belajar makan, mengunyah dan menelan. Organ pencernaan pun mulai berkembang dan membiasakan diri dengan objek yang lebih keras daripada susu.

Berikut beberapa makanan pendamping awal yang dapat dipilih salah satu atau dikombinasikan :
1. Bubur tepung beras (gasol).
2. Buah-buahan, meliputi pepaya, pisang, apel, melon & alpukat.
3. Sayur-sayuran dan kacang-kacangan.
4. Ikan & Daging (blender).

Kecuali tepung beras yang memang sudah halus, semua makanan pendamping lain diatas disajikan dengan cara diblender halus. Pada usia 6 – 12 bulan, sebaiknya Anda mengindari penggunaan garam dan gula.

Tips Pemberian Makanan Pendamping :
– Berilah secara perlahan-lahan. Pada masa-masa awal, 2-3 sendok saja sudah cukup agar bayi dapat melakukan adaptasi secara perlahan.
– Jika ingin menambahkan rasa, Anda bisa memberikan kaldu yang dibuat sendiri (bukan instan).
– Jika bayi menolak, jangan paksakan pemberian makanan pendamping yang terlampau banyak. Masalah ini biasanya akan mereda ketika ia mulai terbiasa.
– Sedapat mungkin, hindarilah makanan pendamping yang bersifat instan. Alami jelas lebih baik.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine + 5 =

%d bloggers like this: