Kapan Sebaiknya Bayi Mulai Makan?

Loading...

Jika definisi makan menurut Anda adalah memasukkan bahan makanan selain susu melalui mulut, maka usia paling ideal bagi bayi untuk mulai makan adalah setelah mencapai 6 bulan. Meski gejolak dan keinginan bayi untuk makan pada umumnya berlangsung ketika ia mencapai usia 4-5 bulan, sebaiknya pemberian makanan pendamping diberikan ketika usianya mencapai 6 bulan.

Kapan Sebaiknya Bayi Mulai Makan

Makanan pertama yang diberikan kepada bayi disebut sebagai makanan pendamping karena fungsinya yang hanya mendampingi saja. Sementara itu, sumber nutrisi utama bayi masih berasal dari susu (ASI maupun susu formula).

Secara alami, bayi akan menunjukkan beberapa tanda ketika ia sudah siap untuk makan, meliputi :
1. Kepala tegak. Bayi siap makan ketika ia sudah mampu menegakkan kepala dengan stabil yang menandakan otot leher dan kontrol motoriknya sudah berkembang dengan baik.
2. Duduk. Tak hanya tidur tengkurap maupun terlentang, bayi juga sudah bisa duduk dengan baik ketika ia diberikan makanan lain.
3. Kelaparan. Kemungkinan besar 6-8 botol atau lebih dari takaran susu yang dianjurkan setiap hari tak membuatnya puas. Bayi selalu minta susu setiap saat. Nah, makanan pendamping biasanya akan meredakan kelaparan yang dirasakan bayi karena sifatnya yang lebih padat daripada susu sehingga mengenyangkan.

Meski usia terbaik bayi mulai makan adalah 6 bulan, Anda dapat memulai beberapa hari sebelum atau sesudah 6 bulan tersebut menyesuaikan dengan kondisi dan kesiapan bayi itu sendiri.

So, sudah tahu kan kapan sebaiknya bayi tercinta mulai makan?

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × two =

%d bloggers like this: