5 Makanan Paling Buruk Untuk Bayi

Loading...

Menginjak usia 6 bulan, bayi akan mulai belajar makan. Sebagai orangtua, tentu saja Anda akan memberikan banyak variasi makanan sehat, seimbang dan kaya akan nutrisi. Anda pasti tahu jika harus menghindari makanan yang terlalu asin atau manis. Bahkan, sebaiknya Anda menghindari penggunaan garam dan gula hingga usianya mencapai 1 tahun.

5 Makanan Paling Buruk Untuk Bayi

Diantara sekian banyak makanan yang bisa dikonsumsi bayi, ada 5 jenis yang wajib Anda hindari setidaknya hingga usia anak mencapai 2 tahun atau lebih. Berikut daftarnya :

1. Cracker / kerupuk / chiki
Hampir semua jenis makanan ini mengandung garam yang tinggi. Padahal, bayi hanya membutuhkan garam kurang dari 1 gram sehari hingga usianya 12 bulan. Lebih dari itu akan berakibat buruk bagi ginjal kecilnya.

Ketika mencapai usia 1 tahun pun, anak-anak hanya membutuhkan garam tak lebih dari 2gram sehari. Jadi, sebaiknya hindarilah garam tinggi dari snack.

2. Makanan siap saji
Makanan siap saji restoran maupun dalam kemasan sebaiknya dihindari karena kandungan garam dan gula yang kerap berlebihan. Lagipula, membuat makanan sendiri akan jauh lebih sehat dan murah. Jika memang harus, cari tahu kandungan garam & gula yang biasanya tercantum dalam kemasan makanan.

3. Coklat & Permen
Pengaruh terburuk dari makanan ini adalah kesehatan gigi dan mulut anak. Kandungan gula yang tinggi akan menyerang lapisan enamel gigi.

4. Softdrink
Minuman ringan tidak memberikan manfaat apa pun bagi anak. Justru keasaman minuman ini akan merusak gigi. Beberapa jenis minuman ringan juga mengandung kafein yang tidak baik bagi kesehatan. Mengkonsumsi minuman kaleng berlebihan dapat membuat bayi mengalami kegemukan dan masalah kesehatan lainnya.

5. Jus Buah
Sampai setidaknya anak mencapai usia 2 tahun, sebaiknya hindari pemberian jus buah sama seperti Anda menghindari minuman kaleng. Meski terlihat sehat, pada kenyataannya bayi tidak membutuhkan jus buah. Malah, kandungan gula dan asam alami pada jus buah dapat merusak giginya.

Sebagai informasi pelengkap, simak 10 makanan wajib bagi anak Anda.

Semoga bermanfaat!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − twelve =

%d bloggers like this: