Ini 3 Gejala ADHD Pada Anak

Loading...

Anak dengan ADHD memiliki gejala khas sesuai dengan kepanjangan kelainan ini : Attention deficit hyperactivity disorder, yaitu tidak fokus, hiperaktif dan perilaku impulsif. Beberapa anak akan menunjukkan salah satu gejala, sementara yang lain menunjukkan kombinasi gejala. Berikut penjelasan mengenai 3 gejala utama ADHD secara detail.

02_11_2008 - 15.30.48 - TIMNEWS - ST-Marshmallow-08vc26251.jpg.jpg

1. Tidak fokus. Anak yang tidak suka memperhatikan akan sangat sulit memfokuskan pikirannya pada satu hal. Kecenderungan lain adalah rasa bosan yang sangat cepat datang meski hanya beberapa menit saja berkutat dengan sesuatu. Anak dengan ADHD biasanya menunjukkan gejala tidak fokus yang cukup hebat, terus-menerus dan sulit untuk diperbaiki. Masalah lebih kompleks muncul ketika anak mulai bersekolah dan berinteraksi dengan teman-temannya dan pelajaran yang diberikan.

2. Hiperaktif. Anak selalu bergerak tanpa kenal lelah. Mereka bahkan tidak dapat duduk dengan posisi yang sama meski hanya beberapa saat saja. Jika berada di kelas, ciri khas anak ADHD dalah perilakunya yang lincah ketika teman-temannya sedang duduk diam memperhatikan. Anak ADHD akan berlari, bermain sendiri, berusaha menyentuh segala sesuatu.

3. Impulsif. Merupakan kondisi perilaku yang spontan didorong oleh perasaan tanpa dipikirkan terlebih dahulu. Sifat impulsif akan membuat anak menjadi emosional sesuai dengan dorongan yang tiba-tiba muncul dalam dirinya. Berbuat tanpa berpikir, itulah sifat impulsif. Akibat buruk dari perilaku ini akan terjadi apabila dorongan yang timbul berasal dari hal-hal buruk, seperti membanting pintu, melempar barang dan berteriak hebat. Kebanyakan, perilaku impulsif merupakan dorongan yang tidak didasarkan oleh akal sehat dan logika. Di sekolah dan pada interaksi dengan teman-temannya, anak impulsif biasanya tidak mau berbagai dan tidak mau menunggu gilirannya.

Selain berdiri sendiri, ADHD juga seringkali timbul bersama dengan kelainan yang lain seperti depresi, kegelisahan, kelainan perilaku lainnya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 5 =

%d bloggers like this: