Kenali ADHD Pada Anak

Loading...

ADHD merupakan sebuah kondisi yang ditandai dengan kecenderungan anak seperti terus-menerus kurang fokus, anak yang hiperaktif dan berprilaku impulsif. ADHD dimulai pada masa kanak-kanak dan seringkali bertahan hingga dewasa. Sekitar 30-50% anak dengan ADHD akan terus mengalami gejalanya hingga dewasa.

Kenali ADHD Pada Anak

ADHD yang merupakan singkatan dari “Attention deficit hyperactivity disorder” dapat menunjukkan gejala yang berbeda dari satu anak ke anak yang lainnya. Meski demikian, kombinasi yang paling jelas terlihat adalah kecenderungan hiperaktif, tidak fokus dan keadaan impulsif. Apabila tingkat aktivitas normal atau kurang, kondisinya juga disebut sebagai ADD (attention deficit disorder).

ADHD Pada Anak & Lingkungannya
Anak dengan ADHD biasanya mengalami masalah ketika berada di rumah atau sekolah. Lebih sering, anak ADHD senantiasa berkonflik dengan teman-temannya. Keadaan ini dapat berlanjut hingga anak dewasa pada interaksinya di dunia kerja.

ADHD & Genetik
ADHD lebih sering terjadi pada anak laki-laki. Diketahui bahwa ADHD berhubungan dengan faktor genetis, dimana jika ada salah satu anggota keluarga yang mengalaminya, maka biasanya akan ada anggota keluarga lain yang juga mengalami ADHD.

Hingga saat ini, belum diketahui dengan pasti jumlah pengidap kelainan ini. Yang pasti, pertambahan anak yang membutuhkan treatment khusus berhubungan dengan ADHD dilaporkan meningkat di kota-kota besar. Beberapa pendapat ahli pun saling pro dan kontra mengenai cara mendiagnosa dan menangani ADHD. Sebagaian menganggap ADHD merupakan hal biasa yang akan hilang dengan sendirinya, sebagaian yang lain melihat ADHD sebagai sebuah kelainan serius yang perlu penanganan extra.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − 10 =

%d bloggers like this: