Tips Mengatasi Asma Pada Anak

Asma adalah suatu ganguan pernapasan kronik dan tidak menular yang sering terjadi pada anak-anak. Didefinisikan sebagai inflamasi (peradangan) kronik pada saluran pernapasan didalam paru-paru yang menyebabkan dinding bronkiolus bereaksi secara berlebihan terhadap berbagai jenis rangsangan, seperti debu, stres, dan emosi yang berlebihan. Inflamasi tersebut mengakibatkan hambatan aliran udara di dalam saluran pernapasan yang bersifat reversibel, dengan manifestasi berupa gejala-gejala gangguan pernapasan yang hilang timbul.

Mengatasi Asma Pada Anak

Keadaan ini dapat terjadi baik pada anak-anak maupun orang dewasa, walaupun asma pada anak seringkali lebih berat. Pada anak kecil, asma lebih sering terjadi pada anak laki-laki. Namun demikian, kecendrungan ini mengalami perubahan setelah pubertas, dimana lebih banyak remaja putri yang mengidap asma. Faktor-faktor pencetus asma antara lain keturunan (herediter), infeksi, alergi, lingkungan, sosio-ekonomi, dan psikososial.

Anjuran untuk Pasien
* Sedapat mungkin, kurangi pajanan atau hindari faktor-faktor yang dapat memicu timbulnya gejala asma.
* Gunakan alat penyaring udara untuk membantu membersihkan udara di dalam rumah.
* Bersihkan rumah setiap hari secara teratur, terutama pada bagian yang mudah dijadikan sarang kutu.
* Anjurkan anak untuk segera beristirahat dan menggunakan obat asmanya pada saat mengalami serangan asma.

Tips
* Beritahu orangtua pasien mengenai obat-obat asma yang perlu digunakan serta cara penggunaannya, termasuk nama obat, dosis, frekuensi penggunaan, dll.
* Bila asma kambuh, atau terjadi serangan asma yang tidak berhasil diatas ileh obat-obatan, beritahu orangtua pasien untuk segera menghubungi dokter.
* Beritahu pasien bahwa istirahat dan melakukan tindakan preventif (pencegahan) merupakan cara terbaik untuk mencegah timbulnya serangan asma.
* Diskusikan dengan pasien/orangtuanya mengenai upaya-upaya pencegahan dan penanganan as,a pada anak.

Semoga bermanfaat!

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − 9 =