Haid Tidak Teratur & Kehamilan

Haid tidak teratur adalah peristiwa yang dialami oleh banyak sekali wanita pada rentang waktu tertentu atau dimulai sejak pertama kali menstruasi terjadi. Tentu saja, haid tidak teratur menjadi indikator kesehatan tubuh dan kesehatan reproduksi pada khususnya. Secara normal, setiap wanita seharusnya mengalami siklus bulanan akibat produksi reguler sel telur.

hamil haid tidak teratur

Haid tidak teratur yang sebelumnya mungkin tidak terlalu bermasalah bagi Anda, dapat menjadi masalah jika Anda merencanakan kehamilan. Secara ilmiah, haid tidak teratur memberikan resiko ketidaksuburan 30-40% lebih besar dibandingkan pada wanita dengan kondisi normal.

Cara Hamil Pada Wanita Dengan Haid Tidak Teratur
Untuk memastikan kesehatan reproduksi, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunjungi dokter untuk melakukan konsultasi. Dokter biasanya akan melihat dan melakukan evaluasi mengenai kondisi menstruasi Anda yang tidak teratur guna menemukan penyebabnya. Jika penyebabnya bukan sesuatu yang serius dan abnormal, maka dokter akan memberikan obat untuk meningkatkan kesuburan.

Biasanya, obat yang diberikan akan mengandung Clomid & Serophene (clomiphene) yang bekerja efektif selama bertahun-tahun untuk meningkatkan kesuburan dengan merangsang produksi sel telur yang lebih banyak. Obat-obatan oral adalah pilihan pertama dokter sebelum meneruskan dengan obat-obatan suntik.

Terapi kesuburan dapat berlangsung hingga beberapa bulan agar mendapatkan hasil yang diinginkan. Tetapi jika tidak berhasil hamil juga, Anda mungkin perlu mendapatkan penanganan lebih lanjut dari ahli kesuburan.

Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)
Kondisi lain yang mungkin terjadi pada Anda adalah PCOS, sebagaimana dijelaskan pada posting ini. Resiko PCOS adalah sebesar 5-10% setiap tahun pada wanita. PCOS sendiri merupakan masalah keseimbangan hormonal yang menyebabkan ovarium tidak bekerja sebagaimana mestinya. Tentu saja, Anda harus melakukan pemeriksaan mendalam untuk memastikan penyebab haid tidak teratur yang Anda alami apakah disebabkan oleh PCOS atau tidak.

Semoga bermanfaat!

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 5 =