Perhatikan Hal-Hal ini Ketika Mengejan

Mengejan atau kerap disebut “ngeden” melahirkan memang berbeda dengan aktivitas lainnya yang membutuhkan stamina tinggi. Sebab tak hanya tenaga, tekad dan keberanian yang dibutuhkan. Salah teknik mengejan bisa-bisa membuat Anda kehabisan nafas dan energi secara percuma. Ada banyak hal yang harus Anda perhatikan ketika mengejan seperti yang akan kita ulas pada artikel ini.

Perhatikan Hal-Hal ini Ketika Mengejan

– Berteriak. Mungkin saja dikarenakan ingin menyalurkan emosi serta rasa sakit, tetapi hal tersebut tak produktif. Tidak hanya membuang tenaga yang akan lebih berguna bila disalurkan seutuhnya untuk mengejan, berteriak juga akan membuat tenggorokan kering, batuk, serak, bikin situasi jadi panic serta tegang. Anda pun tak jelas mendengar instruksi dokter. Bila sakit tidak tertahankan waktu kontraksi, lemaskan otot supaya relaks, tarik napas panjang dan embuskan perlahan-lahan. Simpan tenaga untuk mengejan.
– Mata ditutup bisa menyebabkan tekanan pada mata, hingga pembuluh darah di selaput bola mata pecah. Mengakibatkan mata memerah, walau akan pulih dalam beberapa waktu. Jadi buka mata, arahkan pandangan kearah perut.
– Mengangkat pantat atau panggul bisa bikin robekan perineum lebih lebar hingga membutuhkan lebih banyak jahitan. Lemaskan pangggul waktu mengejan.
– Bernapas serabutan tak ada gunanya dalam proses mengejan. Tariklah napas yang benar untuk mengurangi rasa sakit serta jadi sumber tenaga mengejan. Pelajari tehnik bernapas di kelas senam hamil atau persiapan persalinan.
– Mengejan sebelum diperintah dokter, hingga pola mengejan jadi tak teratur, tenaga terbuang sia-sia, serta jalan lahir membengkak lantaran waktu mengejan ada cairan yang keluar di jalan lahir. Akibat lebih jauh bila vagina mengalami pembengkakan adalah mempersulit penjahitan. Bila Anda telah tidak tahan mau mengejan, sementara pembukaan belum lengkap dan belum diinstrusikan dokter, lakukan pernapasan panting (pendek-pendek serta cepat). Tehnik napas ini dapat dikerjakan di sela atau jeda mengejan, serta untuk menyingkirkan capek setelah mengejan.
– Menahan mengejan. Sebagian ibu menahan mengejan lantaran cemas fese (kotoran) turut keluar dari anus. Supaya tidak terjadi kosongkan usus 24 jam saat sebelum persalinan, baik dengan cara alamiah atau anema.

Semoga bermanfaat!

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × two =