Tips Menyetir Mobil Selama Hamil

Ibu hamil tentu saja boleh menyetir mobil karena tak ada efek buruk yang langsung mempengaruhi kehamilan. Walau demikian, ibu hamil butuh untuk memperhatikan beberapa hal penting dan strategi yang jitu untuk melakukannya.

Tips Menyetir Mobil Selama Hamil

Ibu hamil boleh menyetir sendiri. Meski demikian, bila kehamilan si ibu termasuk resiko tinggi, misal sering keguguran, ari-arinya ada dibawah, mempunyai penyakit darah tinggi, diabetes atau ginjal, serta semua penyakit yang berbentuk patologis, maka mulai sejak awal kehamilan, si ibu tidak boleh menyetir.

Tetapi apabila kesehatan dan kehamilannya betul-betul dalam keadaan baik, ibu hamil bisa menyetir. Berikut beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan perihal kegiatan tersebut :

– Konsultasikan dahulu dengan dokter kandungannya.
– Tak menyetir pada umur kehamilan terlampau muda atau terlampau tua. Saat yang aman, biasanya pada kehamilan umur 18-24 minggu.
– Senantiasa gunakan seat belt, entah waktu menyetir mobil sendiri atau saat jadi penumpang. Cara memakainya, sabuk sisi pinggang dilingkarkan dengan nyaman dibawah perut yang paling menonjol melingkar sepanjang pinggul. Sedang sabuk sisi atas diatas sisi perut yang paling menonjol. Janganlah menggunakan sabuk menyilang di perut yang menonjol karena sentakan mendadak bisa mencederai plasenta.
– Saat menyetir, janganlah cepat emosi serta pandai-pandailah memilih jalan. HindariĀ  yang berlubang atau banyak gundukan.
– Hindari menyetir di saat malam, karena ibu hamil umumnya cepat capek serta kondisi lebih cepat alami penurunan lewat senja hari.
– Jarak perjalanan janganlah terlampau jauh. Upayakan janganlah lebih dari satu jam dikarenakan orang hamil kerap kencing. Apabila di rasa telah terlampau jauh berjalan atau jalan sangat macet, pinggirkan mobil ditempat yang aman atau cari restoran. Gunakan untuk ke toilet atau beristirahat sejenak.
– Prioritaskan untuk memilih tempat parkir yang luas sehingga memungkinkan pintu bisa di buka lebar-lebar untuk mempermudah masuk serta keluar dari mobil Anda.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six + twelve =