Cara Tepat Ajarkan Uang Pada Anak

Sebagai orangtua yang bijak, sudah sepantasnya Anda mengajarkan hal-hal mengenai uang kepada anak Anda dengan casra yang tepat. Tujuan dari perkenalan anak akan uang adalah agar ia memahami fungsinya dan bukan menanamkan pola pikir tentang uang sebagai segala-galanya.

Cara Tepat Ajarkan Uang Pada Anak

Prinsip sederhananya adalah “uang untuk hidup dan bukan hidup untuk uang.” Dengan demikian, anak akan belajar mengenal uang secara positif dan meneruskan pemahaman tersebut hingga usianya dewasa.

Berikut beberapa tips mengajarkan uang kepada anak :

– Beri perencanaan
Telah jadi kebiasaan beberapa besar keluarga di Indonesia untuk berikan duit pada anak-anak waktu hari Raya atau acara lagi th.. Ajak anak untuk bikin gagasan biaya dari duit itu. Berapakah yang bakal disisihkan untuk ditabung serta mana yang bisa dibelikan mainan.

– Contoh konkret
Bila waktu ini Anda tengah mempunyai hutang kartu kredit, pakai bhs yang gampang dimengerti untuk menuturkan prinsip bunga, sekalian tunjukkan dampak dari berhutang terlampau banyak. Anda dapat juga tunjukkan pada mereka lain pada keperluan serta hasrat dengan cara konkret. Umpamanya, beli sepatu lantaran yang lama telah sempit yaitu keperluan, sedang beli sepatu merk yang tengah trend yaitu hasrat.

– Perlihatkan langkah penghematan
Waktu Anda tengah pergi berbarengan si kecil, perlihatkan padanya kenapa Anda menawar satu barang atau menentukan untuk beli barang yang tengah potongan harga. Terangkan pada mereka berapakah jumlah duit yang Anda irit.

– Ajak ke bank
Sampai kini barangkali mereka senantiasa lihat Anda menarik duit di ATM. Bila tak diterangkan, anak tak lagi tahu bagaimana Anda dapat mengambil duit di mesin itu. Karenanya ajak mereka juga ke bank waktu Anda menyetor duit. Karena mereka mengerti bahwasanya duit yang ditarik di ATM yaitu duit yang pada mulanya Anda tabung.

– Dorong untuk menabung
Langkah paling baik untuk tunjukkan pada anak kemampuan menabung yaitu dengan buka rekening di bank atas namanya. Mereka juga bakal terasa makin terpacu untuk menabung semakin banyak sesudah lihat jumlah nominal yang selalu jadi tambah.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 1 =