Tips Hadapi Wasir Ketika Hamil

Jika Anda telah terlanjur terkena wasir ketika hamil, janganlah risau. Hadapilah kondisi tersebut dengan tenang sambil melakukan berbagai macam upaya yang dapat meredakan gejala buruk yang ditimbulkan. Pada posting kali ini, kita akan membahas 5 tips menghadapi wasir selama kehamilan berlangsung.

Tips Hadapi Wasir Ketika Hamil

– Gosokkan es yang sudah dibungkus dengan kain lembut di area yang terkena wasir beberapa kali dalam satu hari. Es dapat menolong mengurangi pembengkakan serta rasa tak nyaman.
– Rendam sisi yang terserang wasir dalam air hangat selama 10 hingga 15 menit sebanyak dua hingga tiga kali setiap harinya. Langkah mudahnya yakni dengan, pertama-tama, isi baskom kecil dengan air hangat selanjutnya simpan didalam toilet duduk. Rendamlah sisi yang terkena wasir dengan duduk di atasnya.
– Gunakan therapy panas dingin.
– Jika Anda berada atau akan bepergian ke tempat yang memiliki toilet kering, siapkanlah tisu toilet putih yang halus serta tak berbau. Jika Anda melakukan BAB, gosokkan tisu secara lembut dan menyeluruh ke sisi yang terkena wasir, supaya tak mengakibatkan iritasi.
– Sekarang ini ada banyak obat wasir yang ada di pasar bebas. Karenanya bertanyalah pada dokter atau bidan Ibu obat mana yang aman untuk wasir kala hamil sebelum memakainya.

Jika langkah penyembuhan yang Ibu kerjakan tak membuahkan hasil―atau bila Ibu mengalami sakit yang sangat atau berlangsung perdarahan dibagian rektum―segera hubungi dokter atau bidan. Perdarahan rektum seperti apa pun mesti dilaporkan pada dokter atau tenaga medis yang kompeten.

Bagi sebagian besar wanita, wasir akan mengecil dengan sendirinya sesudah melahirkan. Jika Anda merasa butuh memperkecil wasir, sebaiknya Anda bertemu spesialis untuk memperoleh penyembuhan. Walau tidak terlalu sering, kadang-kadang operasi kecil diperlukan untuk mengoreksi permasalahan ini.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − 7 =