Kenali Amandel Pada Anak

Amandel merupakan jaringan limfe yang berperan sebagai pertahanan untuk daerah mulut. Jika amandel membesar di luar ukuran yang normal maka hal tersebut sangatlah mengganggu serta membuat anak jadi susah bernafas, sulit tidur, tidurnya ngorok serta susah makan. Bila anak-anak mengorok itu artinya ada sumbatan pada jalan nafasnya.

Kenali Amandel Pada Anak

Jika si anak alami infeksi berulang semisal dalam satu tahun setiap dua bulan, sakit tenggorokan serta demam maupun batuk berulang kemungkinan amandelnya akan diangkat. Amandel bisa menjadi sumber datangnya infeksi, tempat tumbuhnya kuman atau bakteri hingga tubuh tak dapat melakukan perlawanan lagi.

Batuk pilek bakal pulih dengan sendirinya dalam kurun waktu 5 hari. Bila lebih dari itu kemungkinan telah ada sumber infeksi atau anak alami alergi jadi cepatlah memeriksakannya ke dokter.

Pada anak-anak yang mulutnya terbuka ketika bernafas, perkembangan giginya jadi kurang baik. Perkembangan rahang akan terganggu, tidurnya tak pulas serta ngorok.

Amandel yang sudah tak berfungsi dengan baik bakal menangkap kuman serta bakteri tetapi tak membunuhnya. Hal semacam ini dapat jadi sumber infeksi yang lekas menyebar ke hidung, tenggorokan serta telinga anak. Apabila infeksi menyebar ke telinga maka anak bakal sering alami radang telinga. Hal tersebut bisa menyebabkan menyusutnya fungsi pendengaran. Kalau meluas ke hidung maka nafasnya bakal terganggu dan menjadi sinusitis.

Bila amandel telah amat mengganggu anak s/d gejala-gejala di atas tadi serta terapi obat telah tidak dapat tertangani maka dokter bakal memperhitungkan untuk mengambil tindakan selanjutnya. Masalah amandel tidak selamanya mesti di operasi namun disesuaikan dengan keadaan anak.

Gangguan amandel dapat dihindari dengan menjauhi konsumsi makanan yang memiliki bahan pengawet, es serta coklat. Sangatlah disarankan untuk membiasakan makanan dengan pola hidup sehat. Baiknya tak menyepelekan jika anak menderita batuk serta pilek yg tidak kunjung pulih terlebih dibarengi dengan demam selayaknya segera berkonsultasi ke dokter.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two + 9 =