5 Permasalahan Umum Bayi Baru Lahir

Diantara berbagai masalah yang mungkin menimpa bayi yang baru saja lahir, ada 5 yang paling umum terjadi. Sejatinya, semua masalah tersebut dapat diselesaikan dengan baik apabila ditangani dengan cepat dan tepat. Mau tahu apa saja? Simak selengkapnya disini.

5 Permasalahan Umum Bayi Baru Lahir

1. Bayi kuning
Bayi yang baru lahir dengan kulitnya berwarna kekuningan kemungkinan dikarenakan penyakit kuning. Keadaan ini umum serta tak serius seandainya tindakannya cepat. Semestinya permasalahan ini dapat ditangani sendiri dengan cepat. Tetapi, Anda butuh memonitor bayi Anda hingga semuanya bersih. Simak : Bayi Kuning, Fakta & Mitos Seputarnya.

Satu diantara penyakit yang sering berlangsung adalah jaundice. Ini merupakan penambahan kandungan bilirubin keseluruhan pada minggu pertama kelahiran.

Bila bayi Anda Afro-Karibia, Asia, atau oriental, mata putihnya mungkin saja dapat menguning, begitupun dengan telapak tangan serta telapak kakinya. Bila penyakit kuning kronis atau berlanjut selama kira-kira lebih dua minggu, perlu dilaksanakan pengobatan serta tes lanjutan.

Untuk menangani jaudince yakni dengan memaparkan bayi Anda dengan cahaya matahari yang dapat amat berguna untuk menolong bayi mulai memecah bilirubinnya.

Waktu Anda berada dirumah sakit, bayi Anda mungkin saja menerima perawatan fototerapi. Bayi Anda akan diletakkan dibawah lampu fluorescent cerah untuk periode yang ditetapkan hingga penyakit kuningnya mulai memudar.

Bila Anda dirumah dengan bayi Anda, ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk menolong :
Berikanlah ASI bila ibu dapat melakukannya. Berikanlah paparan cahaya matahari sebanyak mungkin. Baiknya tanpa baju. Namun janganlah meninggalkannya langsung dibawah cahaya matahari karena ia bisa menjadi kepanasan atau terbakar cahaya matahari dengan sangat cepat.

2. Mata belekan
Sebuah beleken berwarna kekuningan atau krem menempel sedikit di matanya. Ini adalah sinyal infeksi yang dipicu oleh bakteri yang diambil dari jalan lahir atau kurang bersih. Bila Anda membersihkan mata bayi dengan teratur, itu dapat bersih dalam beberapa hari. Bila tidak, Anda butuh berkonsultasi dengan dokter.

Bagaimanakah membantu mata yang lengket?
Bersihkan mata bayi Anda secara teratur dengan air dingin, ini adalah cara paling baik untuk menangani mata lengket. Jangan sampai lupa, bersihkan tangan sebelum Anda mulai membersihkannya. Ambillah selembar kapas yang bersih serta celupkan di air. Remaslah dari air serta bersihkan satu mata dari dalam ke sudut luar. Ambillah selembar kapas lagi serta lakukan hal yang sama untuk mata yang lain. Selain air, Anda dapat memakai ASI lantaran memiliki kandungan antibodi yang kuat yang membantu melawan infeksi.

3. Pantat bayi ruam
Bila bayi Anda ruam popok, Anda bakal melihat bintik-bintik kecil atau bercak merah di pangkal paha atau bawah, yang tampak sakit serta peka bila disentuh.

Ruam popok diakibatkan oleh bakteri dari tinja bayi yang melepas zat kimia yang disebut amonia, yang mengganggu serta membakar kulit.

Waktu mengganti popoknya, Anda harus kerap mengontrolnya. Namun bila tak berubah kurun waktu 1 minggu, bayi Anda mungkin saja alami infeksi jamur seperti sariawan, yang bikin kulitnya memerah dengan tepi bersisik. Bila hal semacam itu berlangsung, dokter perlu memberikannya resep cream.

Untuk hentikan ruam popok, ini yang wajib Anda lakukan.
– Sering ganti popoknya serta segera membersihkannya bila kotor. Bahkan popok yang super serap mesti segera ditukar sesudah Anda tahu itu basah.
– Bersihkan serta keringkan sisi pantat bayi setiap menggantinya.
– Pakai zinc dan cream caster oil untuk kurangi ruam. Cream Calendula dapat juga efektif.
Coba merk popok yang lain untuk melihat apakah itu membantu.

4. Pusarnya terluka
Tali pusar bayi umumnya terlepas dalam minggu pertama atau lebih. Umumnya waktu tali pusar putus di bawahnya harus disembuhkan. Saat jatuh biasanya lengket serta mungkin saja meninggalkan sedikit noda darah di kapas kala membersihkannya. Namun tidak perlu cemas.

Kadang-kadang, jaringan yang terpotong yang meradang dibawah pusar dapat membuat anak menangis. Tanda-tanda ini tidak beresiko, tetapi bidan atau dokter butuh mengobatinya.

Menangani lengket.
– Bersihkan dengan kapas lembut dengan air dingin atau rebus. Berikanlah taburan bedak dengan bola kapas untuk menolong mengeringkannya.
– Lipat atas popok bayi Anda ke bawah untuk melindungi pusar terserang udara serta urine untuk meminimalisir infeksi.
– Janganlah main-main dengan atau menariknya. Ini bakal lepas saat sudah siap.
– Bicaralah dengan bidan atau dokter bila Anda lihat tali pusar amat lengket, bila ada kemerahan di seputar kulit pusar, atau tetesan darah segar yang datang dari pusar.

5. Popoknya penuh tinja
Anda dapat menghabiskan banyak waktu untuk mengganti popok bayi yang baru lahir. Anda dapat menjadi repot dengan isinya. Kotoran bayi pertama umumnya memiliki kandungan zat hingga berwarna kehitaman.

Kemudian akan berair serta berwarna kuning mustard. Bayi yang di beri ASI condong lebih cair di banding yang minum susu botol. Bila bayi alami diare, kotorannya bakal amat cair. Mungkin saja jadi hijau atau memiliki kandungan lendir serta ia mungkin saja sedikit merasa sakit di seputar anusnya.

Ini umumnya dikarenakan infeksi dan memerlukan perawatan. Bicarakan selekasnya dengan dokter Anda, dikarenakan bayi baru lahir dapat dehidrasi.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × one =