Kenali Perkembangan Motorik Pada Anak

Perkembangan motorik amatlah penting. Perkembangan ini dibagi menjadi 2 komponen, yaitu motorik halus dan kasar. Melalui ketrampilan motorik, bayi akan menunjukkan kemandirian dalam bergerak dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Hal tersebut akan memupuk rasa percaya dirinya ketika dewasa.

Kenali Perkembangan Motorik Pada Anak

Ketrampilan motorik yang baik akan membuat anak mudah beradaptasi di lingkungan belajarnya. Anak bisa mewarnai, menulis, menggambar dan lain sebagainya, Anak bisa menemukan berbagai kesenangan yang diinginkannya. Ketrampilan ini juga berkaitan langsung dengan kemampuan bergaulnya dengan anak-anak sebaya. So, memperhatikan perkembangan motorik merupakan suatu hal yang sangat penting dilakukan orangtua.

Kemampuan motorik kasar dan halus perlu dilatih dan diasah sejak dini. Ada banyak sekali aktivitas yang dapat dilakukan dalam rangka melatih motorik kasar. Perlu diketahu bahwa motorik kasar adalah area terbesar dalam perkembangan di usia dibawah 3 tahun. Kemampuan ini diawali dengan berjalan, berlari, melompat dan melempar.

Kegiatan di luar ruangan merupakan pilihan yang baik karena anak dapat menggerakan seluruh tubuh dengan bebas. Disamping itu, sediakan juga perlatan bermain seperti tali atau bila. Kegiatan bermain yang aktif akan mengasah kemampuan motorik kasar dan motorik halusnya. Secara spesifik, motorik halus dapat dilatih dengan berbagai macam hal seperti menuang air ke dalam gelas, mengumpulkan daun, menyisir rambut, menyusun balok dan lain sebagainya.

Orangtua perlu mengetahui tahap-tahap perkembangan motorik anak, dari bayi yang baru bisa mengangkat kepala hingga anak yang sudah bisa naik sepeda roda tiga. Dengan demikian, Anda tahu bagaimana melakukan stimulasi yang tepat dan benar.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − 5 =