Kehamilan Diatas Usia 35 Tahun

Ada berbagai alasan yang dapat melatar belakangi kehamilan diatas usia 35 tahun. Apa pun itu, jika saat ini usia Anda sudah dekat dengan 35 tahun atau berada diatasnya dan berencana untuk hamil, maka Anda pasti memiliki alasan tersendiri yang spesifik dan tidak dapat diganggu-gugat. Hamil adalah hak setiap wanita. Meski demikian, ada beberapa hal penting yang harus Anda sikapi apabila kehamilan direncanakan pada usia Anda yang sudah mencapai 35 tahun atau lebih.

hamil usia tua

Tak sedikit memang ibu yang hamil di usia 35 tahun keatas, bahkan pada usia 40 tahun dan tetap melahirkan bayi yang sehat dan kuat. Tapi, tahukah Anda ada juga banyak kejadian yang tidak diinginkan terjadi pada ibu hamil berusia diatas 35 tahun? Diatas kertas, tak dapat dipungkiri bahwa kehamilan diatas usia 35 tahun memiliki beberapa resiko yang tidak dimiliki pada kehamilan pada usia yang lebih muda.

Hamil Usia Tua
Meski pada usia 35 tahun Anda belumlah tua-tua amat, masih sehat, masih cantik dan segar-bugar, dalam ilmu medis, usia tersebut terbilang cukup tua bagi wanita yang merencanakan kehamilan. Dengan demikian, mempertimbangkan prenatal tes menyeluruh sebelum hamil merupakan hal yang dapat Anda tempuh. Konsultasikanlah kepada dokter mengenai hal ini. Dokter biasanya akan menyarankan beberapa tes kesehatan guna meminimalisir kehamilan yang buruk dan beresiko tinggi.

Perhatikan Penyakit Kronis
Beberapa penyakit ‘warisan’ biasanya baru muncul pada usia 30 tahunan, sebut saja diabetes dan darah tinggi yang notabene berbahaya bagi Anda dan janin yang kelak dikandung. Jika Anda memiliki histori penyakit ‘warisan’ pada keluarga, ada baiknya Anda memeriksakan diri dan menceritakan hal tersebut kepada dokter meski Anda belum mengalaminya.

Jika gejala penyakit kronis telah muncul, dokter akan berupaya sedapat mungkin untuk menangani masalah kesehatan itu terlebih dahulu sebelum menginjinkan Anda hamil. Masalah gigi juga merupakan salah satu faktor yang penting, mengingat pada usia di atas 35 tahun, setiap orang akan mengalami penurunan performa gigi. Untuk melihat korelasi antara kesehatan gigi dan kehamilan, Anda dapat menyimak artikel lengkapnya disini.

Diet & Kebiasaan Buruk
Pada wanita yang jarang beraktivitas fisik, resiko berat badan tidak seimbang pada usia 35 tahun keatas cukup besar terjadi. Kegemukan merupakan hal yang wajib diperhatikan dan ditangani karena akan mempengaruhi kehamilan.

Jika ada, berbagai kebiasaan buruk yang sudah dijalankan wanita berusia 35 tahun keatas seperti merokok dan minum alkohol harus segera dihentikan apabila Anda memiliki keseriusan untuk hamil. Beritahukan kepada dokter tentang kebiasaan buruk tersebut sehingga dokter dapat memberikan saran terapi yang terbaik menjelang program hamil yang sudah direncanakan dengan matang.

Semoga bermanfaat!

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen + eighteen =