Hindari Melakukan 6 Hal ini di Depan Anak

Anak merupakan peniru yang baik. Ibarat sebuah gelas kosong, orangtua merupakan manusia pertama yang mengisi gelas tersebut dan membentuk kepribadiannya kelak. Nah, tentu ada trik-trik parenting yang harus Anda lakukan. Jauh lebih penting dari itu adalah memberikan contoh yang baik.

Hindari Melakukan 6 Hal ini di Depan Anak

Berikut 6 hal yang tidak sepatutnya Anda lakukan di depan anak karena akan membahayakn pertumbuhan dan perkembangan emosional dan jiwanya kelak :

1. Minum minuman yang beralkohol selagi ada masalah
Kalau Anda melarikan diri dari permasalahan di kantor dengan minum minuman yang beralkohol. Ini semacam cara memberi tahu kepada si kecil bahwa minuman yang beralkohol merupakan salah satu cara untuk meredakan suatu masalah dan setelah itu akan merasakan lebih baik. Daripada menjatuhkan pilihan ke minuman yang beralkohol sebaiknya melakukan olahraga, meditasi, atau mengerjakan hobi yang lainnya yang bermanfaat.

2. Makan emosional
Dalam situasi kesal, sedih atau kecewa banyak orang-orang yang meluapkan emosinya dengan makan makanan yang disenangi. Disaat hal tersebut tertangkap oleh anak, maka si anak seperti menerima pesan bahwa makanan merupakan cara terbaik buat menenangkan diri. Hal semacam ini bisa diikuti oleh anak-anak yang bisa menyebabkan obesitas ketika mereka besar nanti.

3. Bersitegang dengan pasangan
Apabila bersitegang dengan pasangan jangan sampai di depan anak-anak. Anak-anak akan memandang perihal tersebut merupakan hal yang biasa.

4. Tidak percaya diri
Banyak ibu yang mengeluhkan perihal lemak di perut, baju yang tidak muat, kekuatan mereka yang tidak baik dalam satu bagian. Mendengar apa yang ibu katakan, mengarahkan anak khususnya anak perempuan untuk benar-benar mencermati harga diri dan citra tubuh. Menyebabkan hal tersebut mendorong pada rutinitas tidak sehat seperti diet yang tidak sehat serta masalah makan beresiko.

5. Asyik dengan telpon seluler
Andaikan Anda punya kebiasaan makan sambil memegang telpon seluler untuk menjawab pesan dari rekan atau masalah pekerjaan, hal ini bisa ditiru oleh si Kecil. Bahayanya, apabila mereka mengikuti dan kecanduan dengan peralatan elektronik akan membuat masalah dengan tidur, kegiatan di sekolah, serta berat badan yang melonjak.

6. Bergosip
Membahas orang lain lebih-lebih tentang keburukannya di depan anak kerapkali tidak disadari oleh orang tua. Lebih baik introspeksi diri lebih dahulu dari pada bergosip. Anak akan cepat sekali mencontoh rutinitas Anda ini.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 − two =