Cara Mencegah Asma Pada Anak

Meski tak ada cara pasti dan terbukti manjur untuk mencegah asma pada anak, para ahli terus melakukan penelitian untuk mencari cara dan metode yang dapat menurunkan resiko anak terkena asma.

Cara Mencegah Asma Pada Anak

Polusi Udara
Polusi paling umum yang terdapat di udara adalah asap rokok dan polusi udara yang dapat memperlihatkan gejala asma pada anak. Dengan demikian, mengontrol kontaminasi asap rokok amatlah penting karena diketahui asap rokok merupakan penyebab utama asma pada anak dan orang dewasa. Jika anak menderita asma, hindari paparan langsung asap rokok dan lingkungan perokok dengan maksimal.

Ibu hamil dengan kebiasaan merokok meningkatkan resiko melahirkan anak dengan masalah pernafasan. Anak dan balita yang terekpose asap rokok atau menjadi perokok pasif juga memiliki kecenderungan mengembangkan asma lebih kuat terutama pada anak yang sudah memiliki penyakit tersebut.

Pertimbangkan untuk melindungi anak dari polusi udara, asap rokok dan zat berbahaya lainnya.

Asma & Pemberian ASI
Belum dapat dipastikan hubungan antara asma dengan pemberian ASI. Beberapa studi menunjukkan ASI melindungi anak dari asma. Studi lain menunjukkan pemberian ASI oleh ibu yang asma akan meningkatkan resiko anak terkena asma. Studi selanjutnya tidak menemukan korelasi antara pemberian ASI dengan resiko asma pada anak. Studi yang terakhir paling dominan diantara studi lainnya.

Dengan demikian, pemberian ASI tetap disarankan baik bagi ibu penderita asma maupun tidak.

Semoga mencerahkan!

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − 7 =