Tips Jitu Agar Anak Tak Bicara Jorok

Orangtua mana yang tak senewen ketika mendengar anaknya mulai belajar bahasa jorok? Nah, ternyata kebiasaan tersebut tak tercipta hanya dalam waktu 1-2 hari saja. Ada banyak sekali faktor yang membuat anak belajar dan pada akhirnya bicara jorok. Pada posting kali ini, kami akan membagikan tips agar anak tak bicara jorok.

Tips Jitu Agar Anak Tak Bicara Jorok

1. Pendengar yang Baik
Tidak sabaran telah menjadi karakter anak-anak. Lebih-lebih kala mereka tengah bicara. Mereka acapkali memotong perbincangan orang tua atau mengalihkan percakapan dengan tema lain. Kalau anak melakukannya, katakan dengan lembut. Saat ada orang yang berbicara denganmu dengarkan baik-baik. Tatap matanya dan jangan sampai tidak perduli, setelah lawan bicara selesai bicara barulah sianak boleh mengutarakan isi hatinya.

2. Bicara dengan Jelas
Ajarkan anak biar tidak bicara terbata-bata, volume suara yang terlampau rendah/tinggi/cepat/lambat, sembari makan, atau tidak memperhatikan objek yang sedang diajak berbicara (selagi mengobrol mata anak memperhatikan perihal lain).

3. Tidak Berkata Kasar
Anak-anak seperti spons. Mereka bisa dengan cepat menyerap apa yang ada disekitarnya, seperti kata-kata kotor. Katakan kepada anak, apabila tiap-tiap perbuatan dan perkataan ada konsekwensinya. Jikalau anak berkata kasar terhadap kawannya, bisa saja kawannya berang dan tidak ingin lagi bermain dengannya.

4. Janganlah Bergosip
Hal tersebut diawali dari orang tua. Beri anak teladan dengan tidak membiasakan membahas keburukan orang lain dengan siapa saja dan di manapun.

5. Jangan sampai Memanggil Orang Lain dengan panggilan yang tidak baik.
Ketika anak melihat seorang yang bertubuh gemuk dan berkata dasar gembrot, jelaskan bahwa ucapannya itu sama juga dengan mengejek. Selanjutnya tanyakan bagaimanakah perasaannya seandainya ia mengalami hal yang sama. Begitupula sebaliknya apabila ada anak orang lain yang memanggilnya demikian maka ajarkan supaya dia tidak membalasnya. Hampiri orang itu dan katakan kalau kamu tidak suka dipanggil begitu.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 1 =