Muntah-Muntah Pada Bayi Yang Membutuhkan Penanganan Khusus

Apa yang harus saya lakukan jika bayi saya muntah?

Muntah adalah alarm alami pada bayi. Namun dalam beberapa kasus, muntah bisa menandakan masalah kesehatan yang serius. Berikut adalah cara untuk menentukan kapan muntah bayi Anda memerlukan perhatian medis segera – dan bagaimana menghadapi muntah yang tidak memerlukan perawatan dokter.

Telepon atau pergi ke rumah sakit segera jika :

– Bayi Anda mengalami kesulitan bernapas
– Bayi Anda menunjukkan tanda-tanda dehidrasi berat, seperti mata cekung, dingin, tangan dan kaki lemas, kantuk berlebihan atau rewel, atau dahi cekung (titik lembut di kepalanya)

Bawa segera bayi Anda ke ruang gawat darurat jika :

– Dia tampak kesakitan parah. Bayi Anda jelas tidak bisa menjelaskan apa yang terjadi, tapi Anda adalah orang yang paling kenal dengan bayi Anda dan mungkin merasakan kapan dia mengalami sakit yang cukup parah. Ketika muntah, bayi bisa memiliki penyumbatan di usus nya atau beberapa masalah lain yang perlu perhatian segera.
– Muntah mengandung empedu (zat hijau) atau darah yang menyerupai bubuk kopi gelap. Dokter mungkin akan ingin melihat contoh muntahan jika mengandung darah atau empedu, sehingga Anda harus mencoba untuk menyimpan beberapa dalam sebuah kantong plastik. Hijau empedu dapat menunjukkan bahwa usus bermasalah serius, suatu kondisi yang membutuhkan perhatian segera.
– Dia mengalami bengkak, perut lembut. Ini bisa menunjukkan penumpukan cairan atau gas, usus tersumbat, hernia, atau beberapa masalah saluran pencernaan lainnya.
– Dia muntah lebih dari sekali setelah mengalami cedera kepala, yang mungkin menunjukkan gegar otak.

Hubungi dokter jika bayi Anda jika :

– Telah muntah selama lebih dari 24 jam. Untuk beberapa penyakit, ini adalah normal, tetapi periksa dengan dokter untuk memastikan kondisinya.
– Menunjukkan tanda-tanda dehidrasi. Ini dapat termasuk kencing berkurang (lebih dari enam sampai delapan jam tanpa popok basah), bibir dan mulut kering, menangis tanpa air mata jika usianya lebih dari beberapa minggu (dibutuhkan dua sampai tiga minggu untuk bayi sebelum bisa meneteskan air mata pertama), lesu, dan urin kuning gelap.
– Muntahan mengandung darah. Sedikit darah dalam muntahan biasanya tidak perlu terlalu dikhawatirkan, karena kekuatan muntah dapat menyebabkan luka kecil di pembuluh darah lapisan kerongkongan. Muntahan bayi Anda mungkin juga diwarnai dengan merah jika ia menelan darah dari luka di mulutnya atau mimisan dalam enam jam terakhir. Tapi adalah hal yang cermat untuk memanggil dokter jika bayi Anda terus memiliki darah dalam muntahnya atau jumlahnya meningkat. Sebagaimana disebutkan di atas, jika darah menyerupai bubuk kopi gelap, pergi ke ruang gawat darurat segera.
– Mengalami muntah terus menerus dalam waktu setengah jam setelah makan. Ini mungkin menjadi tanda stenosis pilorus. Hubungi dokter sesegera mungkin.
– Anda melihat menguningnya kulit bayi atau pada matanya, yang merupakan tanda penyakit kuning. Penyakit kuning disertai nyeri di sisi kanan atas perut (yang, tentu saja, bayi Anda tidak akan mampu menjelaskan untuk Anda) mungkin sinyal hepatitis.

Kondisi keracunan :

Anda menduga bayi telah menelan sesuatu yang beracun. Hubungi dokter atau rumah sakit segera. Jika Anda dapat mengidentifikasi apa ditelannya – misalnya, Anda menemukan botol obat kosong – beritahu ahli medis apa itu dan mereka akan memberikan petunjuk pasti untuk merawat bayi Anda.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − 1 =