Masalah Gigi Selama Hamil

Gigi merupakan salah satu bagian penting dari tubuh yang harus diperhatikan oleh ibu menjelang atau selama hamil. Perlu diketahui bahwa tingginya produksi hormon selama kehamilan dapat meningkatkan resiko sakit gigi dan gusi. Kesehatan gigi dan gusi yang buruk sebelum hamil dapat membuatnya semakin buruk ketika kehamilan berlangsung. Dan sakit gigi yang tidak segera diatasi dapat berdampak buruk bagi janin.

Masalah Gigi Selama Hamil

Sebagai tips pencegahan, ada baiknya bagi Anda untuk berkunjung ke dokter gigi ketika merencanakan kehamilan. Beberapa tindakan pembersihan karang & plak, menambal lubang (jika ada) dan pemeriksaan gigi secara lengkap dapat dilakukan oleh doktergigi.

Tetapi jika Anda sudah terlanjur hamil dan mengalami masalah kesehatan pada gigi, berikut beberapa tips perawatan gigi yang dapat Anda jadikan pedoman :
1. Jangan lupa memberitahu dokter jika Anda sedang hamil. Pada umumnya, dokter akan berusaha sedapat mungkin menunda tindakan medis terhadap gigi hingga Anda melahirkan agar tidak membahayakan janin. Beberapa prosedur medis untuk meredakan sakit atau sekedar mempertahankan kondisi gigi dapat dilakukan oleh doktergigi.
2. Beritahu dokter obat-obatan dan vitamin yang Anda konsumsi. Semua obat yang Anda makan selama hamil dapat mempengaruhi terapi yang diberikan oleh doktergigi.
3. Hindari rongsten gigi (dengan sinar x) selama kehamilan berlangsung. Jika keadaan darurat dan sangat terdesak, x-ray dapat dilakukan dengan penanganan yang super aman dari dokter terhadap janin.
4. Jangan tunda seluruh perawatan gigi yang disarankan dokter selama hamil. Doktergigi biasanya akan merencanakan pertemuan hingga beberapa kali. Usahakan untuk selalu mengikuti jadwal tersebut. Kondisi gigi yang buruk selama hamil akan bertambah buruk akibat faktor hormonal sehingga perlu mendapatkan penanganan khusus dan segera.

Beberapa informasi lain seputar permasalahan gigi selama kehamilan berlangsung :
1. Sikat gigi teratur. Cara paling mudah dan cepat menjaga kesehatan gigi adalah dengan rutin sikat gigi setiap hari. Apabila sikat gigi menyebabkan Anda merasa mual dan muntah, Anda dapat mengganti odol yang memiliki rasa.
2. Hindari makanan & minuman yang mengandung gula terlalu banyak.
3. Hindari makanan & minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin atau terlalu keras.

Semoga bermanfaat!

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × one =