Manfaat Anak Bermain di Luar Rumah

Di zaman serba modern seperti sekarang, kecenderungan anak bermain di dalam rumah dengan berbagai macam gadget dan konsol game yang dimilikinya merupakan hal yang amat lumrah. Belum lagi perkembangan tablet dan smartphone yang bahkan sudah dimainkan oleh bayi berusia 1 tahun! Akibatnya anak tak lagi bermain di luar rumah.

Manfaat Anak Bermain di Luar Rumah

Padahal, bermain di luar rumah memberikan banyak manfaat bagi anak. Bermain di luar rumah yang dimaksud tentu saja adalah aktivitas luar rumah yang melibatkan teman-teman seusianya atau dengan Anda sebagai orangtua. Di luar rumah, anak bisa melakukan interaksi sosial dan bersinggungan dengan alam terbuka. Faktor lain adalah udara luar rumah yang banyak, suasana yang menyenangkan, hembusan angin, sinar matahari dan lain sebagainya.

Menurut hasil pelitian beberapa pakar di University of Minnesota, anak-anak yang kerap bermain di luar rumah terbukti mempunyai badan yang lebih sehat, kreatif, sukai berpetualang, serta memiliki hasrat untuk mengekspolarasi keadaan lingkungan sekitarnya.

“Bisa di pastikan bahwasanya anak-anak yang suka bermain diluar rumah, kepribadiannya bakal lebih kuat serta lebih berani memutuskan,” catat hasil riset itu.

Waktu ada diluar ruangan, anak-anak bisa memainkan beberapa permainan yang mempunyai banyak faedah seperti memikirkan cepat untuk memastikan kiat dalam menaklukkan lawan, melatih ketangkasan, membedakan tujuan area serta arah, dan menumbuhkan hubungan kerja dalam tim.

Tak hanya anak merasa suka, orangtua dapat juga berinteraksi lebih akrab sekaligus menyelesaikan rasa kangen akan permainan di saat kecilnya dulu.

Riset lain dari studi Kampus Cambridge menyampaikan bahwa aktivitas diluar rumah adalah langkah paling simpel serta murah untuk menambah penglihatan anak. Tetapi butuh riset selanjutnya untuk tahu aspek lain yang bisa menolong anak menambah penglihatannya apakah itu meningkat jarak penglihatan, kurangi instensitas lihat dekat, paparan sinar alami ultra-violet, atau kesibukan fisik lain. Belum lagi ada makanan yang dapat menambah kesehatan mata anak.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 3 =