Cara Menumbuhkan Rasa Tanggung Jawab Pada Anak

Tanggungjawab merupakan salah satu sifat yang positif bagi semua orang. Berita baiknya, rasa tanggungjawab sudah dapat mulai diajarkan kepada anak sejak ia masih kecil. Semakin cepat Anda memberikan pengajaran, semakin baik pula hasilnya.

Cara Menumbuhkan Rasa Tanggung Jawab Pada Anak

Rasa tanggungjawab yang dilatih kepada anak akan dibawa terus hingga ia dewasa kelak. Tentu saja, sifat tersebut akan memberikan banyak keuntungan baginya tatkala berinteraksi dengan lingkungan sosial dan wilayah umum yang akan dihadapinya.

Berikut cara menumbuhkan rasa tanggungjawab pada anak yang dapat Anda lakukan :

1. Berikan pekerjaan rumah tangga. Bila Anda memikirkan anak-anak tak bisa kerjakan pekerjaan rumah tangga, Anda salah besar. Pekerjaan yang bagaimana dahulu, mesti kita pilah-pilah. Anak-anak dapat diserahkan tugas-tugas yang mudah, sesuai sama dengan usia serta kemampuannya. Anak balita umpamanya, telah dapat Anda ajari untuk bertanggungjawab atas kerapihan mainan-mainannya. Anak yang semakin besar dapat Anda serahi pekerjaan buang sampah, atau menolong Anda menyapu rumah, atau membersihkan piring. Memberinya pekerjaan rumah tangga yaitu langkah paling baik untuk menumbuhkan tanggung jawab. Serta ini benar-benar berguna baginya di saat yang akan datang, yaitu melatih ketrampilan mendasar dalam pekerjaan rumah tangga, bila nantinya mereka mempunyai rumah tangga sendiri.

2. Penghargaan akademis. Satu diantara tanggung jawab yang paling utama untuk anak-anak yaitu sekolah mereka. Pada intinya, sekolah merupakan pekerjaan mereka. Nah, pada saat mereka sukses meraih prestasi-prestasi, tak ada kelirunya kita berikan penghargaan atau perayaan untuk mereka. Tak mesti senantiasa berwujud uang atau benda-benda. Anda dapat menuliskan suatu surat mini diisi kebanggaan Anda terhadapnya. Anak-anak umumnya tersentuh dengan penghargaan-penghargaan sekecil apa pun dari orangtua mereka.

3. Relawan dan kerja paruh waktu. Anak-anak dapat di ajarkan jadi relawan kecil-kecilan. Umpamanya, menolong Anda menghimpun baju layak gunakan untuk sumbangan, atau menghimpun koin untuk disumbangkan ke panti asuhan. Untuk anak-anak yang semakin besar, remaja, contohnya, Anda dapat mengijinkannya untuk bekerja paruh saat di rumah makan, atau tempat-tempat yang sangat mungkin untuk anak seusianya. Peluang seperti ini benar-benar bagus untuk memupuk rasa tanggung jawabnya.

4. Buka tabungan. Anda dapat membelikan anak-anak Anda celengan dengan wujud yang lucu-lucu, serta meminta anak-anak untuk menabungkan duit mereka di sana. Karena, mereka dapat memperoleh apa yang mereka kehendaki dari duit yang mereka sisihkan sendiri. Beberapa hal kecil seperti ini benar-benar menolong untuk menumbuhkan tanggung jawab, serta kurangi ketergantungan dan rutinitas meminta-minta.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 + thirteen =