Begini Cara Hadapi Anak yang Suka Ngambek

Anak Anda sering ngambek? Bisa jadi sifat dan kebiasaan buruk tersebut adalah akibat dari perlakuan Anda yang keliru terhadapnya. Meski pada dasarnya setiap anak memiliki sifat dasar alami untuk ngambek, reaksi orangtua merupakan faktor penting bagi anak untuk mengembangkan sifat alami menjadi sebuah kebiasaan buruk.

Begini Cara Hadapi Anak yang Suka Ngambek

Nah sebelum Anda menjadi pusing 7 keliling dan kebiasaan anak yang suka ngambek semakin menjadi-jadi, berikut kami bagikan beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi dan menghadapi kebiasaan ngambek anak :

Ketahui pemicu rasa kesal yang dirasakan si kecil
Sebelum saat tergesa-gesa berikan hukuman atau menegur anak, sebagai seorang ibu yang baik cobalah mengidentifikasikan pemicu anak mendadak ngambek. Apakah lantaran Anda tidak mengabulkan hasratnya, atau mungkin si kecil kesal lantaran rasa makanan yang Anda buatkan terlampau asin untuk dia. Oleh karena itu, ajarilah anak untuk mengekspresikan situasi hatinya dengan cara verbal, umpamanya dengan berterus terang waktu kemauannya tak Anda penuhi.

Biarlah anak mengekspresikan hasratya
Beberapa orangtua sering kehilangan kesabaran waktu menghadapi anak yang tengah rewel, barangkali satu diantara dari mereka adalah Anda. Rasa frustrasi yang dirasakan oleh beberapa ibu disebabkan dari tingkah laku jelek anak, bisa menyebabkan rasa kesal si kecil hingga untuk beroleh perhatian Anda, mereka juga lakukan tindakan ngambek! Supaya peristiwa seperti ini tak kerap berlangsung, atasilah dengan membiasakan si kecil untuk mengungkapkan kemauannya, baru lalu Anda mengambil keputusan apakah hal itu positif atau negatif untuk anak. Saat Anda bisa mengerti hasrat anak dengan baik, hal semacam itu bakal bikin si kecil lebih patuh pada Anda.

Banyak bersabar waktu hadapi si kecil
Anda mesti lebih bijak hadapi keadaan anak yang masih dalam step menuju kematangan emosi, karena simpel saja, Anda merupakan orangtuanya dan harus berikan contoh yang baik buat mereka. Untuk manusia yang lebih dewasa, Anda mesti terima dan banyak sabar saat si kecil tengah bertingkah yang bikin Anda kerepotan. Janganlah hadapi ketidakstabilan emosi anak dengan kekerasan, baik dengan cara verbal berwujud bentakan atau non verbal semisal menyakiti dengan cara fisik. Seseorang ibu atau bapak yang baik mesti dapat tunjukkan kredibilitasnya untuk mengatasi semua persoalan yang diakibatkan anak.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 2 =