Tips Jitu Agar Anak Rajin Belajar

Memarahi, memaksa, atau bahkan mengancam anak agar rajin belajar bukanlah metode yang baik untuk dilakukan. Lagipula, cara-cara ‘keras’ tersebut tak lagi relevan di zaman sekarang. Sudah sepantasnya anak tidak diperlakukan dengan cara yang tidak baik.

Tips Jitu Agar Anak Rajin Belajar

Alih-alih menggunakan metode yang memaksa anak untuk rajin belajar secara frontal, Anda bisa menggunakan beberapa tips yang ampuh dan jitu ‘memaksa’ anak rajin belajar secara halus.

Berikut beberapa tips agar anak rajin dan gemar belajar :

Janganlah pelit memberikan pujian
Orangtua mana yg tidak inginkan yang paling baik untuk buah hati mereka, tidak kecuali Anda. Tetapi, janganlah menekan serta membebani anak untuk berikan yang paling baik versi Anda. Kala nilai ujian si kecil diluar ekspektasi Anda, alih-alih memarahinya, berikanlah pujian. Rasa yakin diri pada anak datang dari penilaian keluarga intinya pada mereka. Menyaksikan reaksi orangtua yang positif bakal menumbuhkan hasrat pada dirinya untuk memberikan yang lebih baik untuk Anda.

Dukung kreatifitas anak
Tak hanya pendidikan resmi, dukung anak untuk meningkatkan minatnya dibidang lain, seperti bermain musik, menggambar, menari, melatih kekuatan berbahasa internasional, dsb. Bangun kreatifitas anak serta tujukan bakat mereka lewat cara yang layak serta mendidik. Karena, anak yang kreatif umumnya mempunyai jiwa empati serta daya tangkap otak yang tambah baik dibanding anak yang pintar hanya berlandaskan teori.

Aplikasikan demokrasi pada pola asuh anak
Apa yang menjadi ketertarikan anak? Biarkan mereka membicarakanya pada Anda, dampingi si kecil waktu mau mengeksplorasi talentanya itu. Latih anak untuk mengekpresikan hasratnya melalui langkah berdiskusi dengan Anda.

Apabila Anda terasa tetap terlampau awal untuk si kecil beropini, maka Anda sudah lakukan kesalahan. Karena anak yang terlatih untuk berdiskusi serta keluarkan gagasannya sedari kecil, maka nantinya mereka dewasa bakal tumbuh sebagai seorang pemimpin yang bijak serta berpikiran terbuka.

Ciptakanlah situasi belajar yang mengasyikkan serta santai
Sistem belajar tak mesti ada didalam kelas, bukan? Oleh karena itu, tumbuhkanlah rasa mau tahu yang tinggi dalam diri anak Anda. Biasakan mereka untuk berani ajukan pertanyaan kala tak tahu perihal sesuatu, biarlah dia mengeksplorasi serta mengolah jawaban yang Anda berikanlah sesuai dengan kekuatan berpikir yang mereka punyai.

Komunikasi yang hangat tiada beban
Sesudah makan malam bersama-sama keluarga, sebelum saat waktunya belajar, cobalah biasakan mengajak anak mengulas masalah kegiatannya sepanjang di sekolah serta waktu dirumah pada saat Anda tetap ada di kantor. Langkah tersebut bisa membangun rasa yakin anak pada Anda, bahwasanya lain kali mereka mempunyai persoalan, Anda bakal jadi orang pertama yang mereka ajak bicara!

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − 7 =