Tips Merawat Kulit Bayi Agar Senantiasa Sehat

Kulit pada bayi memiliki sensitifitas yang berbeda dengan orang dewasa sehingga memerlukan perawatan ekstra. Jika Anda sudah mengupayakan kesehatan kulit sejak dalam kandungan dengan mengkonsumsi makanan agar kulit bayi lahir putih bersih, maka perawatan kulit pasca kelahiran sebaiknya dimulai sedini mungkin.

Tips Merawat Kulit Bayi Agar Senantiasa Sehat

Perawatan kulit dapat dilakukan dari internal maupun external. Pada bayi usia kurang dari 6 bulan yang belum mengkonsumsi makanan selain susu, maka satu-satunya faktor internal yang mempengaruhi berasal dari susu, baik ASI maupun susu formula.

Berikut beberapa tips merawat kulit bayi agar senantiasa sehat dan lembut :
– Perhatikan air yang digunakan untuk mandi. Air yang berasal dari saluran PDAM yang tidak bersih atau air tanah yang cenderung tidak baik akan membuat kulit bayi bereaksi seketika.
– Perhatikan suhu air mandi. Bayi sebaiknya dimandikan dengan air hangat, bukan panas. Jaga suhu air agar tidak terlampau panas agar tidak melukai kulitnya.
– Perhatikan frekuensi mandi. Sebaiknya bayi dimandikan 2x sehari, ketika pagi dan sore hari. Mandi yang terlalu sering akan menyebabkan kulit kering.
– Perhatikan pakaian dan suhu ruangan. Cuaca panas dengan baju tebal akan membuat kulit bayi memerah dan bentol-bentol. Selalu jaga agar bayi tidak berkeringat terlalu banyak atau kedinginan.

Meski memerlukan perhatian ekstra, pada dasarnya kulit bayi sudah bagus sejak semula. Anda hanya perlu memperhatikan hal-hal diatas, ditambah dengan beberapa perlengkapan yang umum, seperti sabun mandi berkualitas baik khusus bayi, bedak, minyak telon dan lotion untuk daerah yang mengalami ruam.

Sementara itu, berikut hal-hal yang harus dihindari sehubungan dengan kesehatan kulit bayi :
– Sedapat mungkin, hindari penggunaan tisu basah
– Jangan menggunakan sabun, bedak atau produk kulit lainnya yang diperuntukkan bagi orang dewasa. Bayi memiliki kulit yang berbeda sehingga harus diberikan perlengkapan khusus bayi.
– Hindari parfum, minyak rambut, lotion wangi dan hal-hal lain yang belum diperlukan bayi.
– Selalu mencuci tangan setiap kali hendak memegang dan merawat bayi Anda.

Semoga bermanfaat!

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 − two =