Cara Membuat Anak Rajin Membuat PR

Sebagai orangtua yang baik, Anda harus memiliki formula jitu agar anak mengerjakan pekerjaan rumah (PR) dari sekolah. Meski tidak mudah, terdapat beberapa metode yang dapat digunakan untuk mengerjakan PR secara rutin. Dalam post kali ini, Anda akan melihat langkah-langkahnya.

Cara Membuat Anak Rajin Membuat PR

1. Memahami keuntungan PR. Apabila sebagai orangtua Anda tidak yakin akan pentingnya PR, sulit rasanya Anda akan meyakinkan anak. Berikut beberapa manfaat dari PR :
– PR membuat anak belajar di rumah. Beberapa pelajaran tidak akan menempel ke otak anak secara cepat. Dengan mengerjakan PR, maka ia akan mengulang kembali pelajaran di sekolah.
– Terkadang, PR mengajarkan beberapa ilmu tambahan yang tidak diajarkan di sekolah karena terbatasnya waktu belajar.
– PR membuat anak disiplin dan lebih pintar mengatur waktunya. PR juga melatih tanggungjawab.

2. Berikan tanggungjawab kepada anak. Hal ini mungkin sedikit sulit, apalagi jika Anda akan menerapkan sanksi jika anak tidak membuat PR-nya. Namun, mengeahui konsekuensi sanksi karena tidak membuat PR sedini mungkin merupakan hal yang vital untuknya.

3. Berikan dukungan. Luangkanlah waktu untuk menemaninya mengerjakan PR. Jika anak sudah terbiasa, maka secara perlahan Anda dapat mengurangi keterlibatan ketika ia sedang mengerjakan PR. Bagaimana pun, antusias dan kehadiran Anda akan membuatnya menjadi lebih semangat.

4. Kerjakan PR bersama-sama. Jika PR baginya adalah pekerjaan rumah dari sekolah, maka PR bagi Anda adalah membersihkan rumah dan hal-hal lainnya. Beritahu kepadanya bahwa PR merupakan tugas yang harus dikerjakan dan konsekuensi jika tidak dipedulikan, misalnya rumah yang kotor apabila Anda tidak menyapu dan lain sebagainya.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + 20 =