Tips Mencegah Kulit Kering Pada Bayi

Kulit yang sensitif pada bayi dapat mengalami berbagai macam gangguan, dari yang ringan hingga infeksi kuman penyakit. Pada aktivitas sehari-hari, resiko ringan kulit kering mengancam kulit bayi. Untuk mencegahnya, Anda apat mengikuti beberapa tips yang akan kami bagikan pada posting kali ini.

Tips Mencegah Kulit Kering Pada Bayi

Berikut tips mencegah kulit kering yang praktis dilakukan sehari-hari :

1. Jangan sampai mandi terlampau lama. Umumnya si kecil memerlukan saat cukup lama kala mandi lantaran dibarengi dengan kesibukan bermain. Kurangi lama kegiatan bermain kala mandi untuk mengurangi hilangnya kelembaban alami kulit. Saat si kecil mandi sabun, sebagian kelembaban kulitnya bakal turut terbawa bersama-sama kotoran.

2. Basuh dengan air bersih sesudah berenang. Kandungan garam dalam air laut atau klorin dalam air kolam renang bisa kurangi kelembaban kulit mereka. Biasakan untuk membilas tubuh si buah hati dengan mandi untuk menyingkirkan sisa-sisa garam atau klorin dikulitnya.

3. Pakai sabun serta sampo khusus anak. Sabun serta sampo anak diformulasikan untuk kulit mereka yang tetap lembut. Formulanya sudah sesuai supaya bisa di terima kulit mereka tanpa mengakibatkan iritasi atau kekeringan berlebihan.

4. Pakai pelembab atau lotion. Sesaat sehabis mandi, selekasnya keringkah tubuh si kecil memakai handuk dan berikanlah pelembab kulit spesial anak untuk kurangi kemungkinan kulit kering. Bila lotion kurang dapat melembabkan kulit, pakai pelembab berupa cream.

5. Berikanlah minum yang cukup. Tak disangkal, konsumsi cairan yang cukup tidak cuma bermanfaat untuk lancarnya metabolism badan si kecil, air juga dibutuhkan badan mereka satu diantaranya untuk melindungi kelembaban kulit. Berikanlah juga makanan yang kaya akan kandungan antioksidan termasuk vitamin E untuk kesehatan kulit mereka.

6. Jagalah kulit dari panas serta hujan. Pakai baju tertutup waktu bermain di bawah terik matahari. Tak hanya untuk melindungi kelembaban kulit, juga melindungi kulit si kecil dari sinar matahari yang menyengat.

7. Jauhi pemakaian bedak bila kulit si kecil kering. Pilih detergen spesial pakaian anak untuk kurangi iritasi kulit yang dikarenakan oleh bahan kimia detergen. Bila dibutuhkan basuh 2 x seluruhnya baju si kecil yang di bersihkan untuk kurangi sisa detergen yang barangkali tetap melekat di permukaan pakaian.

8. Gunakan baju lembut. Bila kulit si kecil benar-benar peka, jauhi memakai baju memiliki bahan kasar atau terlampau ketat. Orangtua juga mesti tau bahwasanya sebagian bahan pakaian seperti kain wol, bisa mengiritasi kulit peka.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × four =