7 Gejala Kehamilan Kembar

Peluang terjadinya kehamilan kembar tidaklah terlalu banyak dari seluruh populasi penduduk yang ada. Tetapi, jika Anda memiliki garis genetik kembar atau kerabat yang kembar, maka kans Anda untuk memiliki anak kembar akan terbuka lebar. Jika kedua orangtua memiliki histori kembar di keluarga, peluang tersebut akan lebih besar lagi.

7 Gejala Kehamilan Kembar

Sebagai jenis kehamilan yang ‘tidak istimewa’, hamil kembar tentu saja memberikan ciri, tanda gejala khas yang berbeda dibandingkan hamil tunggal.

Berikut 7 gejala kehamilan kembar yang umum terjadi :

1. Intuisi wanita meningkat tajam. Sebagian ibu dari bayi kembar (dua atau lebih) menyampaikan bahwa mereka telah mengetahui lebih awal akan hadirnya dua orang bayi.

2. Anda alami mual-muntah atau morning sickness yang lebih kronis. Kandungan hormon hCG (human Chorionic Gonadotropin) pada air kemih Anda akan meningkat. Hormon hCG dibutuhkan untuk melindungi kehamilan hingga plasenta berkembang. Hormon ini dapat dideteksi lewat darah atau lewat urine (waktu Anda mau tahu kehamilan melalui test pack) juga sebelum saat menstruasi Anda berhenti. Dalam kehamilan tunggal, umumnya konsentrasi hCG meningkat cepat sepanjang minggu pertama, serta jadi ganda tiap-tiap dua atau tiga hari. Nah, kandungan hCG ini dapat meningkat apabila berlangsung kehamilan kembar.

3. Beberapa gejala kehamilan normal yang lain kemungkinan juga semakin besar. Umumnya wanita (tak seluruhnya) yang hamil bayi kembar mempunyai tanda-tanda kehamilan yang lebih intens, dikarenakan oleh hormon ekstra yang bersirkulasi lewat system mereka.

4. Bertambahnya berat tubuh lebih cepat pada trimester pertama. Bila Anda mengaplikasikan pola makan dengan baik, Anda tidak butuh cemas. Suatu studi yang diterbitkan dalam American Journal of Obstetrics and Gynecology mengutamakan utamanya menambahkan berat tubuh di saat awal kehamilan kembar, lantaran menambahkan di dua trimester pertama dapat dibuktikan mempunyai dampak yang semakin besar pada berat bayi lahir.

5. Ukuran Anda cukup besar untuk umur kehamilan. Pada kontrol pertama barangkali Anda bakal diberitahu bahwa rahim Anda selalu membesar. Bila periode menstruasi Anda yang paling akhir mengindikasikan kehamilan 8 minggu, rahim Anda barangkali jadi seperti telah 10-12 minggu. Hal semacam ini pasti mesti dibuktikan dengan kontrol USG. Demikian kehamilan berlanjut, bila Anda memanglah memiliki kandungan dua janin, ukuran rahim bakal membesar ikuti umur kehamilan dengan cara berkelanjutan.

6. Anda bakal memperoleh info bahwa kandungan AFP (alpha fetoprotein) Anda meningkat. Kandungan AFP, protein yang dilepaskan oleh bayi saat ia tumbuh serta ditemukan dalam darah ibu, bisa meningkat saat ada kian lebih satu bayi.

7. Dokter Anda bisa dengarkan dua detak jantung. Dua detak jantung yang terpisah bisa dibuktikan hingga umur kehamilan 12 minggu.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − 2 =