Tips Merawat Kesehatan Gigi Anak Balita

Setelah usia anak masuk 12 bulan, gusinya yang mungil akan segera ditumbuhi oleh dua buah gigi yang tak kalah mungil. Meski mungil, gigi tersebut amatlah penting sehingga harus senantiasa dirawat kesehatannya.

Tips Merawat Kesehatan Gigi Anak Balita

Masalah kesehatan gigi pada masa awal pertumbuhan anak dapat menyebabkan berbagai gangguan seperti mengunyah dan berbicara dengan jelas. Sebagai orangtua, ada beberapa tips mudah untuk merawat kesehatan gigi terutama ketika anak sedang mengalami pertumbuhan gigi di tahun pertama usianya.

Berikut beberapa langkah tips perawatan gigi anak :
– Ambil lap halus atau kain kasa
– Dengan perlahan usap gusi anak setidaknya 2 kali sehari
– Waktu usap sebaiknya dilakukan setelah makan atau sebelum tidur

Langkah diatas akan membersihkan bakteri yang mungkin ada pada mulut dan gusi yang menghambat pertumbuhannya. Bakteri dapat bersembunyi dibelakang rongga gigi dan merusak gigi ketika tumbuh.

Ketika gigi pertama tumbuh, Anda dapat mulai membiasakan anak sikat gigi. Pilihlah sikat gigi yang lembut bulu sikatnya, berukuran kecil dengan pengangan yang besar. Pertama kali, Anda hanya perlu membasahi sikat gigi. Pemberian pasta gigi non-fluoride sebaiknya dimulai ketika usinya sudah melampaui 1 tahun dan pasta gigi berfluoride ketika usianya mencapai 2 tahun.

Sebelum anak dapat menggosok giginya sendiri, Anda harus membantu menyikatnya dengan perlahan, depan dan belakang hingga bersih. Ketika anak mencapai usia 5 tahun, biasanya ia akan bisa sikat gigi sendiri.

Meski tanpa masalah, Anda perlu membawa anak Anda setidaknya 1 tahun sekali ke dokter gigi ketika usianya sudah mencapai 2 tahun. Doktergigi akan memberikan beberapa saran mengenai perawatan gigi dan hal-hal lain yang berhubungan.

Mudah bukan?

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 2 =