Tes Kehamilan Sendiri di Rumah

Bagi pasangan yang sedang berada pada periode promil (program hamil), dimana segala persiapan sudah dilakukan termasuk intensitas hubungan yang meningkat pada masa subur, maka membeli alat tes kehamilan (test pack) merupakan salah satu yang harus juga diperhatikan.

tes kehamilan sendiri di rumah

Untuk melakukan tes kehamilan sendiri di rumah, Anda dapat mengamati berbagai tanda awal kehamilan yang terjadi pada tubuh terlebih dahulu. Tes pack dengan akurasi hingga 97% digunakan untuk memastikan kehamilan secara klinis.

Tes Urine
Tes urine menggunakan tes pack merupakan satu-satunya cara yang dapat ditempuh untuk memastikan kehamilan di rumah. Ini merupakan cara paling akurat, mudah dan murah. Tes biasanya dilakukan 1 minggu setelah telat menstruasi. Sifat dari tes kehamilan di rumah sangat pribadi dan nyaman.

Meski terdapat banyak sekali merek test pack yang beredar di pasar, pada dasarnya mereka memiliki prinsip kerja yang serupa; yaitu untuk mengecek kadar human chorionic gonadotropin (hCG) dalam urin. HCG merupakan hormon yang diproduksi tubuh sesaat ketika sel telur dibuahi.

Hal terpenting yang harus Anda perhatikan ketika melakukan tes kehamilan sendiri di rumah adalah mengikuti instruksi yang terdapat di setiap produk dengan seksama untuk hasil yang akurat. Jika perlu, ulangi tes 1-2 kali dengan jeda waktu beberapa hari untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Kapan ke Dokter?
Tes kehamilan di rumah menggunakan test pack merupakan langkah awal mendeteksi kehamilan. Jika hasilnya positif setidaknya 2x, maka Anda dan pasangan perlu merencanakan jadwal berkunjung ke dokter kandungan. Usahakan kunjungan tersebut tidak lebih lama dari 2 bulan sejak tes positif di rumah terjadi.

Selain memastikan kehamilan dengan berbagai metode medis (USG, tes darah, dsb), dokter juga akan memberikan berbagai saran dan ajuran dalam menghadapi kehamilan, termasuk nutrisi dan beberapa vitamin & suplemen yang Anda butuhkan.

Semoga bermanfaat!

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 4 =