2 Gelas Susu Cukup Untuk Usia Preschool

Anda mungkin merasa senang dengan kebiasaan minum susu anak Anda yang hebat tatkala banyak anak lain yang sama sekali tidak doyan susu. Susu memang baik dan dibutuhkan oleh anak-anak. Tetapi, tahukah Anda bahwa 2 gelas susu setiap hari sudah cukup bagi anak yang berada pada usia preshol (3-6 tahun). Konsumsi susu secara berlebihan justru dapat berakibat buruk bagi anak Anda.

anak minum susu

Sebagai sumber vitamin D dan kalsium, susu memiliki manfaat yang tidak diragukan lagi. Tak heran jika semua bayi akan meminum susu pada fase awal kehidupannya (tak terkecuali pada hewan). Meski demikian, tentu saja ada limitasi dari asupan susu yang berlaku. Pada anak usia pra sekolah (3-6 tahun), konsumsi susu lebih dari 2 gelas sehari dapat menurunkan kadar zat besi yang tersimpan dalam tubuh dan meningkatkan resiko anemia.

Sebuah studi yang dilakukan pada 1300 anak usia pra sekolah menunjukkan bahwa 2 gelas susu sehari merupakan kadar yang paling optimal bagi tubuh. Konsumsi lebih dari 3 gelas sehari dapat menyebabkan penurunan jumlah ferritin dalam darah. Ferritin sendiri merupakan sebuah indikator dari seberapa banyak zat besi tersimpan dalam tubuh. Meski hal tersebut tak terjadi pada semua anak, beberapa bukti menunjukkan penurunan kadar ferritin berhubungan erat dengan konsumsi susu yang berlebihan.

Padahal, zat besi merupakan unsur penting dalam perkembangan otak. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan masalah pada sistem gerak.

Berdasarkan studi tersebut, dapat disimpulkan bahwa konsumsi susu pada usia preschool sebaiknya tidak melampaui 2 gelas sehari. Selain meminimalisir resiko kekurangan ketersediaan zat besi pada tubuh, mengurangi konsumsi susu juga membuat anak dapat lebih jauh mengeksplorasi berbagai jenis makanan dan minuman lain yang baik bagi kesehatannya.

Semoga mencerahkan.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 − four =