10 Jenis Makanan Wajib Untuk Anak & Balita

Untuk mengalami pertumbuhan yang baik, balita yang sudah makan perlu untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan agar seluruh kebutuhan nutrisi terpenuhi. Kebiasaan makan ‘sehat’ juga harus tetap diteruskan hingga masa kanak-kanak. Melalui makanan seimbang kaya manfaat, diharapkan pertumbuhan menjadi lebih sempurna. Ciptakanlah kebiasaan yang sehat dan upayakan tidak menggunakan pola yang ‘memaksa’ bagi balita tercinta.

10 Jenis Makanan Wajib Untuk Anak & Balita

Berikut 10 jenis makanan wajib untuk anak & balita :

1. Telur. Paling mudah diolah dan paling disukai balita. Telur mengandung protein dan vitamin D yang bermanfaat untuk penyerapan kalsium. Sementara itu, kalsium kita tahu baik untuk petumbuhan tulang dan gigi. Anda tidak akan kesulitan meminta anak mengkonsumsi telur. Berikan telur 2-4 kali seminggu.
2. Oatmeal. Sebagai pengganti nasi. Merupakan sumber karbohidrat dan serat. Riset menunjukkan balita & anak yang mengkonsumsi oatmeal memiliki konstentrasi lebih ketika bermain dan belajar.
3. Buah. Semua buah yang tidak berbau menyengat baik untuk balita Anda. Kombinasi warna buah dengan masing-masing kandungan yang baik untuk tubuh dapat mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral sekaligus serat. Buah yang direkomendasikan adalah jeruk, pepaya, pisang, jambu, melon dan anggur.
4. Kacang. Siapa yang tidak suka kacang? Dan dibalik kelezatannya, ternyata kacang mengandung lemak sehat yang baik untuk tubuh. Berbagai jenis kacang baik diberikan pada pagi hari untuk merangsang energi anak sepanjang hari. Kacang mede, kacang tanah dan semua jenis kacang warna-warni (hijau, merah, hitam) bisa diberikan dengan porsi secukupnya setiap hari.
5. Susu. 2 kandungan paling bermanfaat dari susu adalah protein dan kalsium. Susu adalah menu wajib untuk balita dan anak hingga usianya mencapai belasan tahun.
6. Tahu. Menu sederhana dari tahu dapat membuat balita dan anak tumbuh dengan sehat. Kandungan kedelai tahu kaya akan protein dan zat antikanker. Tahu, tofu, dan segala jenis olahan kedelai seharusnya menjadi menu makanan wajib setidaknya sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.
7. Tomat. Kandungan lycopene dalam tomat sukar ditemukan pada jenis makanan lainnya. Jus tomat atau menu yang mengandung tomat dapat diberikan kepada anak setidaknya sekali seminggu. Kombinasi antara tomat dengan minyak zaitun dapat membuat anak menyerap lebih kandungan lycopene dalam tomat yang bermanfaat bagi tubuh.
8. Yogurt. Membantu proses pencernaan yang lebih baik. Semua olahan yogurt baik untuk balita dan anak. 1x seminggu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan protein, serat dan bakteri baik pencernaan. Pilihlah yogurt yang diproses secara organik.
9. Salmon. Tak semua ikan memiliki kandungan baik sedahsyat salmon. Demikianlah mengapa ikan ini menjadi amat mahal harganya. Salmon terbukti memiliki manfaat untuk perkembangan otak dan kecerdasan.
10. Sayuran hijau & Ikan.

Semoga bermanfaat!

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × five =