Manfaat Tidur Nyenyak Pada Bayi

Bayi identik dengan tidur dan menyusui. Beranjak dewasa, waktu tidur tetap menjadi porsi yang sangat dominan pada bayi. Secara alami, tidur memang memberikan banyak manfaat kesehatan. Tentu saja harus tidur yang nyenyak dan berkualitas.

Manfaat Tidur Nyenyak Pada Bayi 1

Mau tahu apa saja manfaatnya? Berikut daftarnya :

1. Kecerdasan
Perkembangan otak bayi membutuhkan berbagai makanan bergizi, salah satunya Tyrosine yang membentuk senyawa tyroptophan pada tubuh bayi. Tryptophan merupakan senyawa yang berubah menjadi serotonin dan melatonin yang berfungsi menjaga kualitas tidur. Saat terbangun, terjadi perkembangan otak melalui stimulasi dari luar tubuh. Waktu tidur yang cukup akan meningkatkan perkembangan otak dari dalam tubuh.

Manfaat Tidur Nyenyak Pada Bayi

2. Produksi hormon pertumbuhan
Ketika tidur, hormon pertumbuhan akan diproduksi. Fungsinya untuk menyimpan dan memperbaiki struktur protein. Pelepasan hormon akan berlangsung lebih efektif ketika tidur malam. Lewat tengah malam, produksi hormon menurn dan naik kembali menjelang subuh.

3. Regenerasi sel
Sel yang rusak akan digantikan oleh sel baru selama tidur. Setiap hari terdapat sel mati yang digantikan sel baru ketika bayi tertidur.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + 4 =