Kenali Gejala Pneumonia Pada Anak

Pneumonia atau radang paru-paru merupakan keadaan peradangan/inflamasi pada paru yang diakibatkan oleh virus. Tanda-tanda awal pneumonia serupa sekali dengan selesma, yakni berbentuk batuk, pilek serta demam, hingga sering diabaikan beberapa orang tua. Walau sebenarnya, telah banyak bayi serta balita yang meninggal dunia disebabkan penyakit yang satu ini.

Kenali Gejala Pneumonia Pada Anak

Sebagai informasi tambahan, setiap tahunnya, pneumonia menjangkiti sekitar 450 juta orang, tujuh persen dari total populasi dunia, dan menyebabkan sekitar 4 juta kematian.

Biasanya, sinyal tanda pneumonia benar-benar beragam bergantung usia serta mikroorganisme pemicunya. Umumnya, dalam hal gejala klinis baik oleh virus ataupun bakteri atau yang lain, dimulai dengan panas, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, serta nada serak.

Kemudian, panas bakal berlanjut makin tinggi serta batuknya jadi tambah hebat. Kala susah bernapas, pasien akan bernapas cepat. Serta pada persoalan pneumonia berat, bakal tampak tarikan dinding dada pada bayi dan sesak napas.

Pada masalah yang benar-benar berat, bakal berlangsung penurunan suhu badan, kejang, penurunan kesadaran, tak bisa makan, serta pada akhirnya anak tampak membiru. Pada sebagian masalah, ada tanda-tanda lain seperti nyeri perut, nyeri kepala, serta muntah-muntah (pada anak diatas 5 th.).

Pada anak batita serta balita, gejalanya nyaris sama seperti kriteria ringan, berat, serta amat berat. Yang membedakan yaitu jumlah frekuensi napas yang memperlihatkan derajat sesaknya.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − 18 =