Jadikan Anak Sopan & Santun Sedini Mungkin

Meski zaman sudah bergerak sangat maju dan modern, bukan berarti budaya sopan santun boleh ditinggalkan, bukan? Meski anak harus senantiasa diajarkan bersikap kritis dan berinisiatif tinggi, kesopanan dan kesantunan tetaplah harus menjadi bagian dari kesehariannya. Berbagai macam etika dan sikap baik harus diajarkan kepada anak sedini mungkin.

Jadikan Anak Sopan & Santun

Jika Anda bingung darimana harus memulainya, berikut 10 pembelajaran sopan santun yang harus Anda ajarkan kepada anak :

1. Menghormati orangtua serta orang yang lebih tua
Menghormati orangtua serta orang yang lebih tua yaitu satu diantara etika kesopanan utama yang berlaku di orang-orang. Sampaikan anak-anak selalu untuk berlaku serta bicara sopan pada orang lain, terlebih yang lebih tua. Umpamanya, berikan tempat duduk di kendaraan umum pada ibu hamil atau orang lansia.

2. Mohon maaf
Beberapa orang berasumsi bahwasanya mohon maaf bermakna tunjukkan kekurangan. Tetapi, sebaliknya, mohon maaf sesungguhnya tunjukkan kemampuan serta kelapangan hati seorang. Sampaikan anak-anak Anda selalu untuk mohon maaf saat ia lakukan kekeliruan.

3. Table manner
Janganlah anggap remeh persoalan table manner. Anak-anak yang memahami persoalan table manner dirumah umumnya bakal jadi lebih sopan saat mereka makan diluar rumah. Anda tidak ingin kan bila waktu di ajak makan di restoran, anak berlarian serta memainkan alat makannya? Langkah mengajarkan yang paling baik yaitu berikan misal. Janganlah mengharapkan si kecil teratur di meja makan bila orangtua senantiasa makan di depan tv, umpamanya.

4. Sampaikan untuk tidak menjawab ulang
Kadang-kadang waktu geram Anda barangkali saja mengatakan kalimat yang tidak semestinya disampaikan pada anak. Tidak tidak sering anak juga menjawab balik kalimat itu. Tetapi, benar-benar utama untuk mengajarkan anak bahwasanya hal semacam ini tidaklah baik lantaran tunjukkan ketidakhormatan pada orangtuanya.

5. Mengatakan kata ” tolong ” serta ” terima kasih “
Terdapat beberapa anak yg tidak tahu bagaimana langkahnya meminta tolong serta juga berterima kasih. Ini sesungguhnya yaitu persoalan rutinitas, maka lakukan anak-anak untuk mengatakan kalimat ini tiap-tiap hari. Berilah misal pada mereka dalam kehidupan keseharian, umpamanya dengan mengatakan terima kasih pada tiap-tiap orang yang telah menolong, terhitung pada tukang sayur berlangganan atau asisten rumah tangga.

6. Menghormati sesama
Sampaikan anak selalu untuk dapat mengerti serta juga menghormati sesamanya. Karena anak bakal tahu bahwasanya ia serta rekan-temannya mempunyai hak yang sama. Etika kesopanan ini bakal menolong menghindar terjadinya bullying pada anak-anak.

7. Kesamaan derajat antarsesama
Sampaikan mereka tidak untuk mendiskriminasikan orang menurut kekayaan, warna kulit, pekerjaan, ras, jender, atau agama. Sampaikan mereka bahwasanya tiap-tiap orang memiliki hak diperlakukan sama derajatnya tiada terkecuali.

8. Perlakukan orang lain seperti memperlakukan diri sendiri
Tidak ada orang yang ingin memperlakukan dianya dengan jelek. Anak mesti tahu bila mereka semestinya memperlakukan orang lain seperti mereka memperlakukan diri mereka sendiri. Hal semacam ini bakal menolong menambah kekuatan sosialisasi si anak di lingkungannya.

9. Tidak pelit pujian
Orangtua memberikan pujian pada saat anaknya lakukan beberapa hal terpuji serta hebat. Hal semacam ini bakal menolong anak untuk mengerti pentingnya menghormati usaha seorang. Tetapi, sampaikan juga tidak untuk berlaku palsu waktu tengah memberikan pujian pada seorang.

10. Menolong yang lemah
Di seputar kita ada banyak beberapa orang yang memerlukan pertolongan. Umpamanya, kakek atau nenek yang mau menyeberang jalan, anak yatim piatu, serta lain-lainnya. Yakinkan mengajarkan anak selalu untuk menolong yang lemah serta memerlukan pertolongan.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × two =