Kiat Mencegah Gigi Berlubang Pada Anak

Anak-anak dan balita rentan dengan masalah gigi berlubang karena faktor external dan internal. Pertumbuhan gigi yang tidak maksimal, jarang sikat gigi dan banyak mengkonsumsi makanan bergula seperti coklat dan permen merupakan beberapa alasan utama yang membuat gigi berlubang.

Kiat Mencegah Gigi Berlubang Pada Anak

Tentu saja, gigi berlubang dapat menyebabkan rasa nyeri dan sakit yang mengganggu. Nah, sebelum terlambat, ada beberapa kiat yang dapat Anda lakukan agar gigi anak senantiasa sehat dan bebas dari masalah lubang.

Berikut tips-tips cegah gigi berlubang pada balita & anak-anak :

1. Janganlah biarkan anak tidur dengan mengisap botol
Dokter anak serta gigi sudah memperingatkan beberapa orang tua tidak untuk membiasakan seseorang bayi atau anak yang lebih tua untuk tidur siang dengan sebotol juice atau susu formula di mulutnya. Cairan manis dalam botol bisa menempel pada gigi bayi serta juga sediakan makanan untuk bakteri yang hidup di mulut. Bakteri membuahkan asam yang bisa menyebabkan gigi berlubang.

2. Pergi ke dokter gigi dari dini
Dari umur 1 th., Anda dapat membiasakan untuk mengajak Anda berkunjung ke dokter gigi. Pencegahan awal bisa bikin anak terlepas dari persoalan kesehatan yang lebih serius.

3. Menjaga kesehatan gigi
Anda bisa menyikat gusi serta gigi anak dengan lembut, memakai air pada sikat gigi bayi yang lembut, atau sebatas bersihkan gigi anak dengan kain lap yang lembut.

4. Obat dengan bermacam rasa
Banyak obat untuk anak waktu ini di beri beragam perisa. Bila itu melekat pada gigi, resiko rusaknya gigi bakal naik. Antibiotik serta sebagian type obat asma dapat juga mengakibatkan perkembangan berlebihan dari kandida (ragi), yang bisa mengakibatkan infeksi jamur yang dimaksud sariawan mulut. Oleh karena itu, setelah minum obat berperisa, selekasnya berikanlah satu gelas air minum untuk anak berkumur. Langkah tersebut menghindari plak menumpuk pada gigi.

5. Ganti botol dengan cangkir
Dari awal, lakukan supaya anak senantiasa minum melalui cangkir atau gelas, serta bukan hanya botol. Jauhi juga rutinitas berikan juice buah untuk anak karenanya dapat melekat pada gigi serta menambah resiko gigi berlubang.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × five =