4 Cara Mengatasi Lecet di Puting Ketika Menyusui

Aktivitas menyusui yang berlangsung beberapa kali sepanjang hari memang kerap membuat masalah pada puting susu ibu. Lecet merupakan persoalan klasik yang seringkali terjadi. Bayi yang terlalu keras menghisap atau bertumbuh gigi menjadi penyebab utama lecet di puting ketika menyusui.

4 Cara Mengatasi Lecet di Puting Ketika Menyusui

Berikut 4 cara untuk mengatasi lecet puting akibat menyusui yang kami rangkum dari berbagai sumber :

1. Lepas bra
Saat lecet di puting sudah jadi kronis, Anda bisa melepas bra sesaat. Hal semacam ini untuk kurangi gesekan pada puting serta baju dan kurangi kelembaban yang menyebabkan luka jadi jadi tambah kronis.

2. Kompres dengan kantong teh hangat
Hangatnya kantong teh dapat menentramkan rasa sakit di puting. Diluar itu Anda bisa memakainya sebelum saat menyusui yang berperan untuk menghindar luka saat menyusui.

3. Oleskan dengan air susu
ASI atau Air Susu Ibu kaya bakal zat antibodi. Jika Anda alami lecet di puting, Anda bisa memoleskannya di seputar puting serta areola. Hal semacam ini adalah langkah yang efisien untuk menyembuhkan puting yang lecet.

4. Memompa ASI
Memompa ASI bisa jadi langkah untuk meminimalisir terjadinya lecet. Aksi ini bakal menolong melunakkan serta memanjangkan puting Anda hingga bisa memudahkan keluarnya ASI serta buah hati Anda juga tak perlu menggigitnya terlampau keras yang bakal menyebabkan dengan lecetnya puting.

Semoga bermanfaat!

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 4 =