Cara Ampuh Mengatasi Jerawat Ketika Hamil

Ibu hamil dan jerawat mungkin mirip dengan periode menstruasi dan jerawat. Benang biru dari persoalan tersebut adalah ketidakseimbangan hormonal yang terjadi. Kecenderungan jerawat semakin tinggi apabila ibu hamil memang sudah atau mudah berjerawat sebelumnya. Kondisi lain yang memicu jerawat adalah faktor kebersihan diri dan lingkungan.

Cara Ampuh Mengatasi Jerawat Ketika Hamil

Pada beberapa kasus, tak jarang jerawat timbul ketika hamil pada wanita yang sebelumnya sama sekali tidak berjerawat. Apa pun itu, jerawat tidaklah membahayakan janin dan hanya mempengaruhi penampilan ibu hamil. Sialnya, penampilan yang prima merupakan hal yang cukup penting bagi sebagian besar wanita, tak terkecuali ibu hamil.

Nah, sebelum Anda bingung dan pusing dengan urusan jerawat, berikut beberapa tips mengatasi jerawat ketika hamil :

1. Jaga Kebersihan Wajah. Kebersihan merupakan faktor paling penting untuk menghindari jerawat. Selain itu, kebersihan juga membantu mengatasi jerawat dengan cepat jika biang keladinya memang itu. Pastikan Anda mencuci wajah 2 kali sehari, yaitu pagi dan malam setelah seharian beraktivitas. Beberapa cleanser wajah dapat digunakan untuk membersihkan secara maksimal.

2. Jaga Kebersihan Lingkungan. Lingkungan memberikan pengaruh signifikan bagi kesehatan tak terkecuali kesehatan wajah. Pastikan Anda berada pada rumah yang bersih dengan sirkulasi udara yang baik.

3. Makanan bergizi Selama Hamil. Vitamin C dan E terbukti baik bagi kesehatan kulit. Selain itu, kedua vitamin tersebut dalam kadar yang tidak berlebihan juga baik bagi janin yang berada dalam perut. Ibu hamil juga harus memperhatikan jenis makanan yang rendah lemak dan tidak berminyak. Bila perlu, hindari kacang-kacangan dan konsumsi seperlunya saja. Selain itu, konsumsi air putih juga harus terus diperhatikan oleh ibu hamil.

4. Dokter. Jika memang jerawat pada wajah terasa sangat mengganggu dan penting untuk diatasi, sebaiknya ibu hamil berkonsultasi dengan dokter kandungan. Dokter kandungan dapat mereferensikan dokter kulit jika memang diperlukan. Hindarilah berbagai macam obat dan kosmetik yang tidak jelas asal-muasal dan bahan bakunya.

Semoga mencerahkan!

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 4 =