Ini Olahraga Paling Oke Buat Ibu Hamil

Selain melakukan gerakan senam hamil secara teratur, ibu hamil dapat melakukan satu olahraga yang paling gampang dan sederhana tetapi justru sangat direkomendasikan : jalan kaki (jalan pagi/sore). Sepanjang kehamilan Anda sehat, jalan kaki dapat dikerjakan di umur kehamilan berapakah juga. Olahraga jalan kaki juga tak membebani badan, terlebih persendian.

Ini Olahraga Paling Oke Buat Ibu Hamil

Tehnik jalan kaki butuh lebih di perhatikan waktu umur kehamilan masuk trimester ke-2. Perut yang semakin besar bakal mengakibatkan pergeseran titik berat badan. Tak hanya memengaruhi keseimbangan badan yang bikin resiko jatuh makin besar, penambahan beban pada daerah pinggang bakal memudahkan terjadinya nyeri pinggang.

Walaupun jalan kaki dikira aman untuk ibu hamil, sebaiknya Anda terus berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter. Sesudah memperoleh lampu hijau dari dokter, Anda dapat mengawali olahraga ini dengan persiapan benar serta mencermati beberapa hal utama di bawah ini.

– Cermati keadaan lingkungan.
– Tentukan lokasi yang aman, jalanan yang rata, tak berbatu-batu serta tak licin. Makin dekat ke tanggal perkiraan bayi lahir, tentukan lokasi yang dekat rumah, semisal jogging track di kompleks perumahan Anda
– Suhu tak terlampau dingin atau panas dan sedikit angin
– Udaranya relatif bersih
– Jalan raya tak terlampau ramai
– Tak terlampau tinggi dari permukaan laut. Semakin tinggi dataran, kandungan oksigen di hawa semakin tipis

Hindari dehidrasi. Tak hanya dapat menyebabkan kontraksi rahim, dehidrasi (kekurangan cairan) dapat menambah suhu badan Anda. Keadaan yang tidak dapat diabaikan, lantaran suhu badan janin lebih tinggi 0, 5 derajat C dari suhu badan ibu. Minum air seperlunya 15 menit sekali, sebelum saat, sepanjang serta sesudah jalan kaki.

Pemanasan serta peregangan
Warming up supaya terlepas dari resiko cidera otot. Langkahnya, jalan kaki perlahan-lahan sepanjang 5 menit hingga Anda terasa cukup hangat.
Sesudah pemanasan, kerjakan peregangan otot lebih kurang 5 menit. Mencakup leher, tangan, pinggul, otot sisi atas serta bawah kaki, terhitung otot hamstring (otot di segi belakang paha serta pergelangan kaki). Peregangan juga baiknya dikerjakan sesudah usai jalan kaki

Ajak suami atau rekan. Tak hanya lebih berikan motivasi supaya berlatih teratur, Anda dapat juga memperoleh pertolongan bila setiap saat dibutuhkan

Porsi mesti cocok. Apabila Anda pada mulanya tidak sering olahraga, langkah paling baik untuk mengawali olahraga jalan kaki yaitu jalan sejauh Anda dapat serta dengan kecepatan yang di rasa paling nyaman. Semisal 5-10 menit tiap-tiap pagi serta 5-10 melalui di sore hari di minggu pertama. Dengan cara bertahap, lebih 1-2 menit tiap-tiap minggu hingga meraih 30 menit, terhitung pemanasan serta pendinginan dengan frekuensi lima hari satu minggu.

Apabila telah umum jalan kaki, teruskan dengan mulai olahraga ini sepanjang 20-30 menit /hari sepanjang 3 kali satu minggu. Setelah itu tingkatkan perlahan-lahan jadi 30-60 menit kian lebih 3 kali satu minggu. Tetapi, terus di perhatikan jangan sempat terlalu berlebih.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × four =