8 Tips Berbicara Dengan Anak Tentang ADHD

Jika Anda sebagai orangtua sudah memastikan kondisi ADHD pada anak, kini saatnya membicarakan hal tersebut kepada anak Anda. Tidak ada istilah terlalu awal mengkomunikasikan kondisi ADHD pada anak. Kapan saja Anda ingin melakukannya merupakan saat yang baik. Justru lebih dini memberitahukan kondisi tersebut akan sebakin baik pula bagi perkembangannya kelak.

8 Tips Berbicara Dengan Anak Tentang ADHD

Berikut 8 tips berbicara dengan anak tentang ADHD yang dialaminya :
1. Ketika berbiaca, pastikan Anda merasa dicintai dan diterima. Beritahu bahwa kondisi ADHD tidak akan mempengaruhi inteligen dan kemampuannya.
2. Pilih waktu yang paling tepat. Pastikan waktu dan tempat yang nyaman buat anak dan bebas interupsi.
3. Beritahu jika ia tidak sendiri. Ada banyak sekali orang yang juga mengalami ADHD, bahkan orang-orang hebat sekalipun. Beberapa contohnya adalah Walt Disney, Tommy Hilfiger dan Michael Phelps. Beritahulah jika kondisinya adalah special dan bukan sesuatu sakit penyakit.
4. Ajarkan anak lebih dalam mengenai ADHD. Lebih baik jika ada group pendukung ADHD di lingkungan Anda. Anda dan anak akan lebih intens mempelajari ADHD sekaligus berinteraksi dengan pakar dan penderia ADHD lainnya/
5. Jangan fokus ke yang buruk. Utamakan arah pembicaraan ke hal-hal yang menguatkan.
6. Jangan biarkan anak menggunakan ADHD sebagai alasan. ADHD bukanlah alasan anak menjadi malas, ugal-ugalan dan bertindak seenak perutnya sendiri.
7. Jangan berharap respon instan. Anda harus bersabar dan tidak boleh terkejut jika anak tidak merespon pembahasan yang sedang Anda lakukan dengannya. Lakukan terus-menerus komunikasi yang intens hingga anak memperhatikan dan mengetahui fungsi dari komunikasi tersebut bagi dirinya.
8. Terus berkomunikasi. Ciptakan komunikasi-komunikasi yang positif pada berbagai keadaan dan situasi. Usahakan dialog dua arah dengan anak, baik tentang sekolah, teman, pekerjaan rumah, ekstrakulikuler, kursus dan hal-hal lain.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 − four =