Tentang Mitos Susah Hamil Akibat Kegemukan

Pola hidup yang tidak sehat atau berbagai faktor genetik adalah dua alasan utama yang menyebabkan kegemukan. Kalau sudah gemuk, menguruskan tubuh ke bentuk ideal adalah hal yang tidak mudah. Masalah yang timbul akibat kegemukan boleh jadi tidak ada jika usia masih sangat muda. Namun jika suatu ketika Anda menikah dan tak juga dikarunia momongan, mungkin gemuk bisa menjadi masalah yang sangat mengganggu.

kegemukan susah hamil

Tak hanya dari sisi logika, mitos yang berkembang dalam masyarakat seakan memberikan stigma bahwa kegemukan pada perempuan akan menyebabkannya susah hamil. Definisi gemuk sendiri, tentu saja ketika bobot tubuh meleset jauh dari yang seharusnya. Perlu diketahui bahwa bobot tubuh ideal adalah berat badan dikurangi dengan angka 100 hingga 110. Artinya jika Anda memiliki tinggi 155cm, maka berat badan Anda seharusnya tidak melampaui 55 kg.

Pertanyaannya kemudian, apakah mitos tersebut terbukti benar dan dapat dipercaya? Jika Anda rajin mengamati dan menelisik, ternyata ada banyak sekali perempuan ‘gemuk’ yang mudah sekali hamil. Lalu mengapa ada yang sulit hamil karena gemuk?

Begini penjelasannya : bahwa kegemukan yang tidak berpengaruh kepada hormon dan kesehatan tubuh, secara empiris tidak memiliki pengaruh kepada susah atau tidaknya hamil. Artinya, jika Anda gemuk dan sehat, Anda sama sekali tidak akan susah hamil dan mengalami berbagai tanda kehamilan.

Meski demikian, perlu diketahui bahwa pada orang yang gemuk resiko kelainan hormon yang menyebabkan haid tidak teratur dan menurunnya kondisi kesehatan tubuh cukup besar. Dengan alasan tersebutlah muncul mitos tentang kegemukan yang membuat susah hamil. Lagipula, berat tubuh yang tidak ideal sejatinya tidak baik untuk Anda, baik itu secara estetika maupun kesehatan.

Jadi, jika Anda memiliki kondisi berat badan yang berlebih dan susah hamil, kemungkinan besar itu adalah masalah hormon dalam tubuh Anda. Apalagi jika Anda mens tidak teratur. Untuk mengatasinya tentu saja melakukan pemeriksaan, terapi dan diet yang sehat. Biasanya, semakin ideal berat badan Anda maka semakin baik pula keseimbangan hormon dalam tubuh. Memang hal tersebut tidak bisa menjadi jaminan pasti sebab bisa saja gangguan hormon dan lainnya bukan disebabkan oleh kegemukan.

Yang jelas, menurunkan berat badan ke kondisi ideal akan memberikan banyak keuntungan bagi Anda. Terlebih jika Anda berencana untuk hamil.

So, sudah tidak bingung dengan mitos kegemukan dan hamil, bukan?

Semoga bermanfaat

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × five =