5 Langkah Melatih Anak Berani Terampil

Mendidik dan melatih anak agar berani tampil di depan banyak orang adalah sangat penting. Dalam hal ini pihak keluarga dan terutama orang tua besar peranannya. Sebagai contoh, anak yang sejak kecil sudah dilatih supaya pandai bernyanyi, menari, membaca puisi, bermain sandiwara dan kepandaian lainnya, tentu akan sangat mempengaruhi pekembangan jiwanya ke arah yang positif. Sehingga anak tumbuh kreatif dan berkembang dengan baik. Dengan demikian anak dapat mengembangkan segala kemampuannya lebih lanjut dan bukannya menjadi anak penakut, pendiam, dan pasif.

Melatih Anak Berani Terampil

1. Memulai Dengan Menyanyi
Langkah awal dengar mengajarkan anak menyanyikan lagu-lagu yang mudah dihafal. Dengan mengajarkan lagu-lagu anak dan lagu kebangsaan. lagu-lagu dari radio, tape recorder, maupun televisi biasanya mudah dihafal anak.

2. Belajar Bergaya
Ajarkanlah supaya ia juga pandai bergaya seadanya, dari gaya yang tadinya masih sederhana dan lucu tersebut, suruhlah ia mengembangkan gayanya lebih lanjut setiap ia menyanyi. Dengan demikian, kelak di manapun anak berada, kalau ia disuruh menyanyi di hadapan banyak orang, tidak akan malu-malu lagi bahkan akan tampil dengan gaya yang baik dan menyakinkan.

3. Memasuki Taman Kanak-Kanak
Memasuki taman kanak-kanak, ia sudah memiliki bekal dasar yang sangat penting yaitu keberanian untuk tampil. Hal ini tentu saja akan sangat memumpuk rasa percaya diri anak, sehingga ia semakin senang dan patuh dengan apa-apa yang di ucapkan gurunya dan si anak juga terdorong dengan sendirinya untuk rajin belajar dan menjadi anak yang pandai di kelas.

4. Berlatih Menari
Menari disini mencakup bebagai jenis tari yang beranekan ragam. Untuk menguasai tari-tarian tradisional, anak tentunya perlu dimasukan menjadi anggota perkumpulan tari.

5. Membaca Puisi
Untuk mengembangkan kemampuan anak dalam berpuisi maka sangatlah bijaksana apabila anda mengajak anak untuk melihat pertunjukan seni, terutama kalau ada perlombaan baca puisi, atau bila mungkin anak diikut-sertakan menjadi peserta baca puisi.

Jika anak sudah berani tampil, maka hal ini akan sangat membantu dalam membentuk kepribadiannya, memupuk kepercayaan dirinya, memperluas pergaulannya dan semakin dapat mengembangkan bakat-bakat dan potensi-potensi yang dimilikinya.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 2 =