Stop Berikan Madu Pada Anak Di Bawah Setahun

Madu adalah anugrah alam yang luar biasa. Tak ada yang menyangsikan khasiat alami madu bagi kesehatan tubuh. Bahkan ibu hamil pun disarankan untuk meminum madu. Tetapi tak selamanya madu itu baik. Untuk bayi berusia kurang dari 1 tahun atau 12 bulan, sebaiknya madu dihindari untuk diberikan. Apa alasannya? Terus baca artikel ini hingga tuntas.

Stop Berikan Madu Pada Anak Di Bawah Setahun

Pemberian madu pada bayi yang masih berumur kurang dari 1 tahun bisa menaikkan resiko penyakit botulisme. Meski sangat banyak manfaat dari madu, madu juga memiliki resiko yakni bisa terkontaminasi dengan spora Clostridium Botulinum.

Kenapa cuma pada bayi 1 tahun?
Pada bayi umur di bawah 1 tahun sistim pencernaannya belum sempurna, maka spora yang masuk ke pencernaan tak dapat dimatikan oleh asam yang dihasilkan di dalam lambung seperti pada pencernaan anak di atas 1 tahun dan orang dewasa.

Apakah itu penyakit Botulisme?
Botulisme merupakan satu situasi yang diakibatkan oleh racun toksin yang di produksi oleh Clostridium Botulinum. Penyakit ini sangatlah jarang terjadi namun bisa berakibat fatal. (Baca : All About Suntik Botox)

Racun C. Botulinum berbentuk neurotoksin yakni toksin yang amat kuat serta mengakibatkan rusaknya saraf serta otot. Foodborne botulism merupakan hasil dari mencerna makanan yang tercemar yang masuk lewat saluran pencernaan.

Bagaimanakah Gejalanya?
Tanda-tanda bakal nampak 18 – 36 jam sesudah racun masuk.
· Bayi bakal terkulai serta mengalami kelumpuhan karena kekurangan otot serta saraf
· Kesusahan dalam menghisap waktu menyusui atau minum dari botol susu
· Rewel
· Tangisan yang melemah
· Sulit BAB
· Keluar air liur karena sulit menelan
· Kelopak mata bayi yang sayu

Jadi jika saat ini Anda memberikan madu pada anak dibawah setahun, segera stop. Bayi berumur kurang dari 1 tahun sudah mendapatkan nutrisi yang cukup dari ASI tanpa perlu ditambahkan yang lain, terutama madu yang membahayakannya.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − four =