Kenali Pes Planus atau Telapak Kaki Datar Pada Anak

Jika timbul pertanyaan dari observasi yang Anda lakukan : kenapa telapak kaki anak saya datar? Bila ini berlangsung pada anak Anda, kemungkinan anak Anda menderita Pes planus. Pes planus atau yang di kenal dengan sebutan Flat feet merupakan satu situasi di mana elastisitas atau kekuatan kaki tak ada.

Kenali Pes Planus atau Telapak Kaki Datar Pada Anak

Pada kaki yang normal ada saraf yang berperan menarik hingga telapak kaki jadi cekung, bagian itu memiliki fungsi untuk meredam gerakan kaki saat berjalan. Oleh karena ada lengkungan kaki jadi akan terbentuk keseimbangan yang maksimal pada anggota tubuh bagian bawah, panggul serta punggung bawah.

Gejala Kaki Datar
Pes Planus mempunyai tanda-tanda yang keluar terlihat seperti di bawah ini :
-Anak kala jalan atau berdiri kerap jatuh serta condong nampak tak mempunyai ketidaksimbangan
– Cepat lelah
– Nampak keluhan nyeri pada kaki, dengan frekwensi tidak sering ataupun sering.
– Kerap diikuti dengan keadaan sakit punggung

Diluar itu Pes Planus mempunyai pencetus utama sebagai pemicu, di antara seperti berikut :
Genetika
Trauma/cedera
Cerebral palsy
Kelainan otot

Jenis kaki datar diantaranya :
· Kaki datar fleksibel : jenis kaki datar ini yang paling umum. Kaki tampak datar ketika menahan beban berat, tetapi bakal tampak melengkung bila berdiri pada ujung kaki. Situasi ini disebabkan kelemahan dari kapsul sendi yang memungkinkan lengkungan kaki untuk turun saat di beri beban
· Kaki datar kaku : jenis kaki ini berkembang pada orang dewasa sebagai perkembangan dari kaki datar fleksibel. Kaki tak mempunyai lengkungan sama sekali baik saat dalam posisi menahan beban berat maupun tidak. Situasi ini mengisyaratkan ada kelainan tulang, kelainan genetik mulai sejak lahir, kelainan neurologis, cedera otot.

Terapi
Pes Planus ditangani dengan langkah kontrol serta diagnosis terlebih dulu, kemudian langkah penanganan sebagai therapy lanjutan, dengan sebagaimana berikut :

Diagnosis :
Pasien akan disuruh untuk menginjak sebuah keset basah lalu dilanjuti dengan jalan di lantai kering. Bila gambar telapak kaki mempunyai lengkungan maka sisi tengah akan kosong. Tetapi bila gambar kaki basah seluruhnya maka terdapat flat feet.

Penanganan :
Perlakuan dapat dijalankan pada anak di atas usia 4 th..
Pengganjal sepatu serta penahan tumit

Semoga bermanfaat!

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − twelve =