Info Penting Lahir Normal Bagi Anda yang Pernah Operasi Cesar

Menurut riset metaanalisis yang dilaksanakan dalam kurun waktu 1989-1999 di Amerika Serikat, secara umum 60-80% dari ibu yang berencana melahirkan normal setelah sesar (diistilahkan VBAC) dapat melewati proses ini dengan baik. Meskipun sisanya sejumlah 20-40% membutuhkan tindakan operasi sesar.

Info Penting Lahir Normal Bagi Anda yang Pernah Operasi Cesar

Lantas apa sajakah hal penting yang perlu di perhatikan apabila ibu mau bersalin normal sesudah sesar. Berikut informasinya :

– Apabila mau bersalin normal sesudah sesar, Ibu hamil sebaiknya telah ada dirumah sakit ketika telah nampak tanda-tanda persalinan. VBAC membutuhkan pemantauan lebih ketat sepanjang persalinan untuk mengantisipasi kegagalan ataupun komplikasi. Apabila tidak ada di RS, pemantauan tidak bisa dilakukan secara maksimal. Hal semacam ini sepele namun menjadi amat penting.

– Support dari keluarga merupakan hal penting untuk kelancaran bersalin normal sesudah sesar. Dalam budaya kita, masih sering kendali keputusan bukanlah datang dari diri sendiri atau berdua dengan suami, tetapi dari keluarga besar. Hal semacam ini mesti dipikirkan jauh-jauh hari. Dengan demikian, gagasan VBAC tak “berantakan” lantaran intervensi mendadak dari keluarga dalam pengambilan keputusan.

– Yakinkan pihak keluarga telah mendapat info yang jelas perihal bersalin normal sesudah sesar (VBAC) serta telah di tandatangani surat kesepakatan tindakan medis. Keuntungan serta resiko bersalin normal sesudah sesar (VBAC) sangatlah penting disampaikan supaya pasien serta keluarga­nya mengerti tindakan yang bakal dijalankan beserta resiko ataupun komplikasinya. Pemahaman ini bamat sangat penting guna mempersiapkan fisik, mental juga keuangan.

– Mempunyai catatan medik yang komplit. Alangkah baiknya apabila pihak rumah sakit mempunyai catatan medik yang komplit perihal riwayat sesar sebelumnya (operator, type sayatan, komplikasi, serta lama perawatan) dari seseorang pasien. Bila dari catatan di ketahui kondisinya memungkinkan, maka bersalin normal sesudah sesar (VBAC) dapat direncanakan. Bila sebaliknya, ada kondisi yg tidak memungkinkan dijalankannya persalinan normal, maka bersalin normal sesudah sesar (VBAC) dapat segera dibatalkan.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × two =