Tips Jitu Tidur Nyenyak Selama Hamil

Bagi ibu hamil, masalah tidur dapat mengganggu karena adanya perubahan hormon dan bentuk tubuh. Meski demikian, Anda tak disarankan untuk menjadikan susah tidur ini sebagai permasalahan besar. Bila rasa kantuk datang, istirahatlah semampunya dimana saja, kapan saja, agar kebutuhan tidur sepanjang 8 jam bisa tercukupi. Sebaliknya, bila memang tak mengantuk, tidak usah memaksakan diri untuk tidur. Relaks saja. Isi waktu tidur dengan aktivitas pengganti yang menghibur atau berguna.

Tips Jitu Tidur Nyenyak Selama Hamil

Jalani kehamilan dengan tenang dan bahagia. Hal semacam ini bakal menghadirkan perasaan yang nyaman. Ingat, menjadi bahagia merupakan pilihan, bukanlah pemberian. Ibu sendiri yang bisa memilih dirinya menjadi tenang, senang, serta bahagia walau sebenarnya ada rasa tidak nyaman di bagian perut, atau ada perasaan cemas menghadapi beragam kemungkinan persalinan. Mungkin saja ibu dihadapkan pada fakta bahwa kehamilannya mengalami sedikit masalah. Tetapi, semua ini dapat dilawan dengan memilih menjalani kehamilan dengan pasrah sampai menghadirkan rasa bahagia.

Pilih posisi tidur yang paling nyaman. Saat kehamilan masuk minggu ke-28 dan seterusnya, posisi tidur paling nyaman yaitu miring ke kiri atau ke kanan. Tetapi posisi miring ke kiri dianggap tambah baik karena dengan begitu pembuluh darah besar yang ada di bagian kanan badan tak tertekan oleh rahim serta tak mengganggu aliran darah berikut proses oksigenisasi jaringan dari ibu ke janin. Tetapi, berbaring miring ke kanan juga tidak jadi permasalahan.

Pakai bantal tinggi dibagian kepala supaya ibu lebih gampang bernapas. Agar lebih nyaman, bagian kaki juga butuh diganjal. Bagian tumit sampai betis diganjal dengan dua bantal, sedangkan di paha serta lutut diganjal dengan satu bantal. Bantal memberi pijakan untuk kaki untuk mengimbangi beban di perut. Bila napas masih tetap sesak, istirahatlah dengan posisi 1/2 duduk.

Sebaiknya jangan segera tidur setelah makan. Perut yang penuh bakal menyebabkan rasa tidak nyaman bila dibawa berbaring. Beri waktu 2-3 jam supaya lambung telah kosong di waktu tidur.

Janganlah terlampau banyak minum sebelum tidur supaya kandung kemih tak penuh serta menambah keinginan buang air kecil di tengah waktu tidur. Minum susu atau cokelat hangat sebelum tidur boleh saja dilakukan. Tetapi, perbanyaklah minum di siang hari.

Kerjakan kegiatan pengantar tidur yang di rasa pas sesuai mood waktu itu; Dengarkan musik apa saja yang penting sesuai selera serta dapat mendatangkan kantuk; Membaca bacaan apa saja yang disenangi; Lakukan beberapa gerakan ringan dalam senam hamil supaya otot menjadi relaks.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − ten =