Tips Merawat Payudara Selama Kehamilan

Sepanjang kehamilan, payudara mengalami berbagai perubahan. So, menjaga kesehatan payudara dengan baik selama hamil bakal berdampak pada produksi ASI kelak. Pada posting ini Anda dapat melihat tips untuk menjaga payudara ketika hamil, berdasarkan periode hamil.

Tips Merawat Payudara Selama Kehamilan

Usia kehamilan 3 bulan
Check puting susu untuk mengetahui apakah ia datar atau masuk ke dalam dengan cara memijat dasar puting susu perlahan-lahan. Puting yang normal akan menonjol keluar. Jika puting susu tetap datar atau masuk kembali ke dalam payudara, harus dilakukan perbaikan supaya bisa menonjol. Langkahnya yaitu dengan memakai kedua jari telunjuk atau jempol, wilayah sekitar puting dipijat ke arah berlawanan menuju ke dasar payudara.

Usia Kehamilan 6-9 Bulan
Kedua telapak tangan dibasahi dengan minyak kelapa, lalu puting susu sampai areola mamae (daerah sekitar puting dengan warna lebih gelap) dikompres dengan minyak kelapa selama 3-4 menit. Gunanya adalah untuk melunakkan kotoran dan kerak yang melekat pada puting susu supaya mudah dibersihkan. Janganlah bersihkan dengan alkohol karena bisa mengakibatkan puting susu lecet.

Setelah itu kedua puting susu dipegang dan ditarik, putarlah ke arah luar dan dalam secara bergantian. Pangkal payudara dipegang dengan kedua tangan, lantas diurut ke arah puting susu sebanyak 30 kali sehari. Selanjutnya pijat kedua areola mamae sampai keluar 1-2 tetes. Sesudah itu, puting susu dibikin bersih dengan handuk kering dan bersih.

Pemijatan Payudara
Bersihkan payudara menggunakan air, lalu pijat menggunakan minyak. Pemijatan dikerjakan dengan kedua tangan, wilayah sekitar payudara dipijat searah jarum jam lalu berbalik arah/berlawanan jarum jam. Selanjutnya lakukan pengurutan dari bawah menuju puting, tetapi putingnya sendiri tidak perlu di-massage lantaran talk berkelenjar. Selesai massage, ketuk-ketuklah payudara menggunakan ujung jari atau ujung rugs jari.

Senam Teratur
Senam yang dapat dilaksanakan adalah pada posisi berdiri dimana tangan kanan memegang bagian lengan bawah kiri di dekat siku, sementara itu tangan kiri memegang lengan bawah bagian kanan. Selanjutnya tekan kuat-kuat ke arah dada dengan cara menahan pegangan tangan Anda hingga tarikannya dirasakan pada otot yang berada di dasar payudara. Setelah itu lemaskan kembali. Kerjakan berulang kali hingga 30 kali.

Gerakan senam berikutnya : Pegang bahu dengan kedua ujung tangan, lalu siku diputar ke depan hingga lengan bagian dalam mengurut payudara ke arah vertikal keatas. Teruskan dengan gerakan tangan ke atas lalu ke sebelah belakang sebelum kembali pada posisi mula-mula. Jalankan latihan ini 20 kali putaran.

Menggunakan Bra yang Pas
Untuk menangani rasa tidak enak ketika payudara membesar, gunakanlah bra yang cocok serta cukup menampung. Jangan gunakan yang terlampau ketat atau longgar, namun harus benar-benar cocok sesuai ukuran payudara kala itu serta bisa menyokong perkembangan payudara.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 2 =