5 Tips Menjaga Kesehatan Gigi Sejak Bayi

Kesehatan gigi harus dirawat sejak awal bahkan sejak pertama kali ia tumbuh. Bila gigi sudah rusak sejak bayi, akan susah untuk melakukan perbaikan serta memulihkannya kala dewasa. Oleh karenanya, jagalah keadaan kesehatan gigi bayi Anda dengan langkah yang tepat. Baca juga : Tips Merawat Kesehatan Gigi Anak Balita.

5 Tips Menjaga Kesehatan Gigi Sejak Bayi

Berikut 5 hal yang perlu Anda cermati untuk merawat kesehatan gigi bayi :

1. Membuat perlindungan gigi bayi dengan fluoride
Fluoride biasanya ada di air minum yang dapat melindungi gigi dari kerusakan serta menolong mengobati kerusakan awal. Perlu diketahui bahwa kandungan fluoride biasanya hanya dapat ditemui di air keran. Untuk memastikannya, tanyakan pada dokter gigi atau dokter anak apakah air yang Anda mengkonsumsi memiliki kandungan fluoride. Dokter mungkin saja akan meresepkan tetes fluoride untuk bayi.

2. Memberi makanan bayi yang sehat
Pilih makanan yg tidak mempunyai banyak gula di dalamnya. Berikanlah anak Anda buah-buahan serta sayuran, hindarilah memberi permen serta cookies.

3. Mengecek serta membersihkan gigi bayi
Saat gigi bayi tumbuh, bersihkan giginya minimal sekali sehari dengan kain yang bersih serta lembut atau sikat gigi khusus bayi. Saat paling baik untuk membersihkan gigi bayi yaitu saat sebelum tidur. Bila tampak bintik-bintik atau noda pada gigi bayi, lekas periksakan ke dokter sebelum terlambat dan gigi bayi telah rusak.

Saat anak sudah mencapai umur 2 tahun, awalilah menyikat gigi anak dengan memakai pasta gigi seukuran kacang yang memiliki kandungan fluoride. Anak di umur balita tak dapat menggosok-gosok giginya sendiri sampai usianya mencapai 7-8 tahun, maka Anda harus senantiasa memastikan gigi anak terus sehat.

4. Menghindar rusaknya gigi bayi dikarenakan botol susu
Janganlah membiarkan anak tidur pada malam atau siang hari dengan keadaan menghisap susu dari botol karena bisa mengakibatkan kerusakan gigi. Bila anak tak dapat tidur tanpa menghisap botol susu, isilah botolnya cuma dengan air putih saja.

Susu, juice serta minuman manis yang lain seperti soda memiliki kandungan gula. Mengisap botol yang berisi cairan manis bisa mengakibatkan rusaknya gigi. Bila bayi memakai empeng, janganlah mencelupkannya ke sesuatu yang manis seperti gula atau madu.

5. Memeriksakan gigi anak ke dokter gigi
Periksakan gigi anak ke dokter gigi dari mulai umur 1 tahun untuk mendeteksi rusaknya gigi sejak awal. Membiasakan anak akrab dengan dokter gigi sejak kecil dapat juga membuat anak tak takut untuk memeriksakan keadaan giginya sampai dewasa kelak.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one + three =