Tips Menyapih Pada Ibu Menyusui

Menyusui sangatlah penting untuk bayi mungil. ASI (Air Susu Ibu) merupakan ‘santapan’ sehat serta bergizi untuk bayi yang baru lahir. Tetapi, penyapihan menjadi susah dilakukan ibu menyusui di kemudian hari. Sementara itu sebagian ibu menyapih dari 4-7 bulan sesudah kelahiran anaknya, ada pula ibu baru yang terus menyusui hingga 2 tahun lamanya.

Tips Menyapih Pada Ibu Menyusui

Bila Anda mau menyapih bayi Anda serta menggantinya dengan susu formula, maka Anda akan menemukan berbagai tips disini.

1. Perlahan
Bayi mengembangkan rasa pada susu Anda sehingga tak gampang untuk Anda menyapih. Secara bertahap, perkenalkan bayi Anda dengan susu botol. Pada hari-hari awal, amat susah untuk membuat bayi minum susu luar. Tetapi, dengan usaha yang terus-terusan anak bakal mengembangkan rasa pada susu botol.

2. Janganlah berhenti menyusui sepenuhnya
Meskipun Anda berusaha untuk menyapih, Anda tak harus berhenti menyusui selekasnya hingga bayi mulai terbiasa dengan susu botol. Ibu baru bisa mengurangi menyusui namun Anda tak mesti menyudahi saat itu juga.

3. Type puting
Salah satu panduan menyapih untuk ibu menyusui yaitu bereksperimen dengan beragam type puting yang ada di market. Untuk membuatnya tampak mudah untuk bayi untuk menghisap susu dari botol, carilah puting yang mirip payudara Anda.

4. Alihkan pikiran
Saat Anda berada dalam proses penyapihan, Anda mesti mengalihkan pikiran anak Anda. Berikanlah sebagian mainan atau terus bicara.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 1 =