Mengenal Lebih Jauh WaterBirth

Secara linguistik, Water Birth berarti kelahiran dalam air yang dapat dilakukan di berbagai sarana seperti bak mandi, hot tub, kolam air dan lain sebagainya. Hingga saat ini, water birth merupakan salah satu alternatif melahirkan selain cara konvensional. Tak semua rumah sakit dan dokter menyediakan fasilitas dan menganjurkan water birth sehingga Anda harus menemukan sarana yang tepat dan menunjang jika menginginkannya.

Mengenal Lebih Jauh WaterBirth

Kalangan pro-WaterBirth yang mendukung proses kelahiran ini mempercayai waterbirth sebagai cara melahirkan yang alami, lebih tidak menyakitkan dan rileks. Sebaliknya, beberapa tenaga medis, ahli dan orang awam yang kontra menganggap waterbirth justru berbahaya bagi bayi karena belum terbukti secara ilmiah lebih menguntungkan.

WaterBirth Cocok Untuk Anda?
Hanya kehamilan yang sangat sehat dan sama sekali tidak bermasalah yang dapat melakukan waterbirth. Beberapa parameter yang dapat diukur mrliputi :
1. Anda tidak memiliki infeksi penyakit apa pun atau pendarahan.
2. Anda tidak memiliki penyakit dan kelainan yang berhubungan dengan kehamilan.
3. Anda tidak mengidap herpes atau penyakit infeksi lainnya yang dapat menular kepada bayi melalui jalan lahir dan air sebagai saranan melahirkan.
4. Kehamilan Anda sudah penuh, yaitu lebih dari 37 minggu.

Keuntungan Melahirkan di air
Beberapa keuntungan berikut belum diteliti secara ilmiah sehingga belum dapat diketahui kebenarannya :
1. Waterbirth dipercaya lebih alami dan tidak membuat stres ibu dan bayi.
2. Waterbirth dipercaya membuat ibu lebih rileks dan feeling yang kuat bagi ibu untuk mengontrol kontraksi dan kelahiran.
3. Air meningkatkan aliran darah dan membuat otot menjadi tidak tegang sehingga proses kelahiran akan menjadi lebih lancar.
4. Air dipercaya menurunkan resiko vagina robek.

Tentu saja, ada resiko yang bisa terjadi selamam proses waterbirth seperti cedera otak atau bayi yang kehabisan oksigen karena bayi menghirup air. Jika air terkontaminasi oleh virus tau bakteri, maka penularan kepada bayi akan sangat besar peluangnya.

Water Birth di Indonesia
Tak seperti di beberapa negara maju yang sudah mengenal water birth sejak lama dan rami peminat, di tanah air, water birth bisa jadi tidak terlalu populer, terutama di daerah yang belum dijangkau oleh informasi yang banyak. Peminat water birth hanya terbatas pada beberapa kalangan yang tinggal di kota besar. Rumah sakit dan tenaga medis yang dapat melakukan water birth pun sangat sedikit sehingga pilihan untuk melahirkan secara water birth tidak tersedia dengan banyak. Malah, pada Oktober 2013 lalu terdapat sebuah insiden kematian akibat proses melahirkan water birth yang membuat minat masyarakat untuk melakukannya semakin meredup.

Meski demikian, tentu saja masih ada banyak kalangan yang mempercayai water birth sebagai cara melahirkan paling alami dan menjadikannya sebagai pilihan utama. Apa pun itu, kenali manfaat dan resiko dari water birth sebelum memutuskan untuk melakukannya.

Semoga mencerahkan!

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − 11 =